MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Dishub Imbau Angkot di Padangsidimpuan Masuk Terminal

harian9.com author photo

PADANGSIDIMPUAN| H9
Pemerintah Kota (Pemko) Padangsidimpuan melalui Dinas Perhubungan (Dishub) menghimbau agar seluruh angkutan umum (angkot) yang ada di Kota Padangsidimpuan agar memanfaatkan fasilitas terminal yang telah disediakan saat beroperasi baik menurunkan maupun menaikkan penumpang yang hendak ke luar kota maupun masuk dalam kota.

Imbauan tersebut disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas (Kadis) Perhubungan Kota Padangsidimpuan, Drs Yusnal Efendi Daulay saat berdialog dengan pengemudi angkot di terminal angkutan umum Hutaimbaru Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru Kota Padangsidimpuan, Sabtu (11/5).

Menurut Yusnal yang didampingi personil Polres Kota Padangsidimpuan itu menambahkan, himbauan yang mereka sampaikan tersebut berdasarkan keputusan yang sudah tertuang dalam SK Walikota Padangsidimpuan Nomor: 171/KPTS/2014 tentang izin trayek angkutan mobil penumpang umum dan penempatan loket dan pool taksi L300 yang salah satunya di terminal angkutan umum Hutaimbaru.

“Karena pemerintah telah membuat peraturan untuk menangani angkutan umum yang ada di seluruh terminal di Kota Padangsidimpuan, diharapkan seluruh angkutan yang beroperasi wajib masuk terminal,” jelasnya.

Ia mengakui, selama ini masih banyak angkutan umum, baik angkutan kota dan angkutan pedesaan yang datang dari pedesaan dan luar kota yang beroperasi dengan mendirikan loket angkutan di luar terminal sehingga terkesan semrawut dan tidak tertib.

“Hal ini dinilai berdampak pada angkutan yang ada di dalam terminal. Untuk itu, dengan adanya aturan ini, operasional angkutan umum nantinya bisa teratur dan tertib, mengingat selama ini angkutan masih banyak yang tidak masuk terminal dan beroperasi liar di luar, sehingga terkesan semrawut dan tidak tertib,” ucap dia.

Yusnal menambahkan, selain untuk menertibkan operasional seluruh angkutan umum, kebijakan ini juga bertujuan untuk menggali sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan mendukung program Walikota Padangsidimpuan, Irsan Efendi Nasution, SH di sector perhubungan.

“Untuk mendukung kebijakan ini, pihaknya juga akan melakukan evaluasi pembenahan seluruh fasilitas dan sarana prasaran terminal. Hal ini dilakukan agar seluruh angkutan tidak enggan masuk kawasan terminal. Kita akan melakukan pembenahan terminal, pendirian loket-loket,” tandasnya.

Ia juga mengharapkan kerjasama semua pihak khususnya pengelola angkutan umum, mudah-mudahan cara ini bisa menghasilkan PAD bagi Pemko Padangsidimpuan dan pihaknya bersama pengusaha angkutan juga telah sepakat mengoptimalkan terminal khususnya terminal Hutaimbaru dengan izin trayek yang disepakati masing-masing angkutan.

“Selama ini, PAD dari terminal masih kecil. Ke depan harus kita tingkatkan, dengan melakukan kerjasama dengan para supir dan pengurus terminal serta melakukan pembenahan, termasuk terminal Hutaimbaru,“ tuturnya. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar

Para sopir angkutan umum saat berdialoq dengan petugas terminal dan Dishub Kota Padangsidimpuan di terminal Hutaimbaru Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru Kota Padangsidimpuan, Sabtu (11/5). (Foto: Riswandy)


Komentar Anda

Berita Terkini