MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Dua Orang Saksi Warnai Sidang Lanjutan Terlapor M. Saman Dari Partai PKS

harian9 author photo

ACEH TAMIANG| H9
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Aceh Tamiang kembali gelar sidang Pelapor, terhadap Terlapor M.Saman Calon Legislatif (Caleg) dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), kegiatan berlangsung diruang persidangan Sekretariat Bawaslu, komplek Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Aceh Tamiang, Senin (20/05/2019).

Sidang dipimpin oleh Fery Irawan, SH dan Imran, SE sebagai anggota,  keduanya merupakan Komisioner Bawaslu Aceh Tamiang yang membuka persidangan dengan agenda mendengarkan kesaksian para saksi, diantaranya Zulkarnain dari Kampung Durian Kecamatan Rantau, merupakan Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) Partai PKS, juga petugas Penghubung Partai dan Said Anwar warga Kampung Muka Sungai Kuruk Kecamatan Seruway, seorang Kepala Bidang Bina Hukum dan Sumber Daya Dinas Syariat Islam Kabupaten Aceh Tamiang.

Para pihak yang hadir, Rusdi sebagai Pelapor  didampingi oleh penasehat hukumnya Railawati, SH, sedangkan Muhammad Saman bersama Penasehat hukumnya Dody Chandra, SH.MH berada diposisi sebagai Terlapor.

"Saya bertugas memeriksa berkas administrasi para Caleg, juga termasuk milik M. Saman yang juga merupakan Sekretaris Partai PKS periode 2015-2020 dan menurut Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Tamiang telah memenuhi persyaratan," terang Zulkarnain.

"Sebelum penetapan Daftar Caleg Tetap (DCT) diumumkan, KIP telah meminta agar surat pemberhentian M. Saman sebagai Da'i Kecamatan,   untuk segera dilampirkan," ungkap Zulkarnain.

"Dinas Syari'at Islam sekitar bulan Juli 2018 telah mengeluarkan surat pemberhentian sedang dalam proses untuk M. Saman," jelas Said Anwar.

Pada awalnya Surat Tugas Da'i Kecamatan ditandatangani oleh Bupati, namun 25 Januari 2019 Kepala Dinas telah mengeluarkan surat pemberhentian terhadap M. Saman dan terkait dengan Honor tetap diberikan sampai desember 2018.

"Sejak 2008 Kabupaten Aceh Tamiang melalui Dinas Syari'at Islam telah membentuk Da'i Kecamatan dan saat ini telah berjumlah 58 orang, dengan mengambil sumber anggaran belanja Daerah sebagai honornya, sedangkan tugasnya melakukan pembinaan terhadap masyarakat," tegas Said.

Usai mendengarkan kesaksian para Saksi, akhirnya Majelis Persidangan menanyakan pada para pihak, tentang kesiapannya pada agenda selanjutnya, yaitu mendengarkan keterangan dari KIP Aceh Tamiang yang rencananya akan digelar selasa (21/5/2019), juga dingatkan agar para pihak hadir tepat waktu. (Dani 9)
Editor: Mardan H Siregar

(Foto: Amnur Dani)








Komentar Anda

Berita Terkini