MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Hujan Lebat, Padangsidimpuan Diterjang Banjir Bandang dan Longsor

harian9.com author photo

PADANGSIDIMPUAN| H9
Sejumlah wilayah di Kota Padangsidimpuan diterjang banjir bandang dan tanah longsor, akibatnya, 3 rumah warga hanyut terbawa arus air yang deras dan 5 rumah warga lainnya rusak berat akibat tertimpa longsoran material di Desa Tarutung Baru Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara Kota Padangsidimpuan, Rabu (15/5) sekira pukul 02.00 WIB.

Banjir bandang dan tanah longsor yang terjadi, disebabkan hujan deras dan angin kencang yang datang sejak Selasa pukul 19.00 Wib Jumat dan memicu datangnya air bah yang berasal dari sungai mati di wilayah tersebut dan menyeret rumah warga, yang disertai longsoran tanah menimbun rumah warga yang brasa di lereng pebukitan.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun kerugian material ditaksir mencapai milyaran rupiah. Sementara Pemko Padangsidimpuan dan TNI-Polri di terjunkan ke lokasi bencana untuk melakukan pembersihan material dan evakuasi warga terkena bencana.

Kepala Pelaksana Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padangsidimpuan, Ir. Ali Ibrahim Dalimunthe mengatakan Pemko Padangsidimpuan saat ini sudah mendirikan dapur darurat untuk para korban dan pihaknya sampai saat ini sedang melakukan pembersihan material dan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

“Kami bersama personil Kodim 0212/TS dan Polres Padangsidimpuan sedang melakukan normalisasi terhadap saluran irigasi yang rusak akibat banjir bandang yang merusak pemukiman warga,“ terang Ali.

Menurutnya, sedikitnya 8 rumah rusak berat tiga diantaranya hanyut disebabkan banjir bandang, serta rusaknya saluran irigasi pertanian dan untuk sementara pihaknya masih melakukan membersihkan material yang dibawa banjir serta pembersihan material lumpur yang menimbun rumah warga.

“Untuk rumah yang rusak kami sedang melakukan proses pendataan dan membutuhkan waktu dan untuk sementara pihaknya masih melakukan membersihkan material yang dibawa banjir serta pembersihan material lumpur yang menimbun rumah warga,“ terangnya.

Ia menyebutkan, banjir bandang dan tanah longsor terjadi di sejumlah titik di wilayah Desa Tarutung Baru yang mana satu itik mengalami bencana banjir bandang dan ada beberapa titik mengalami bencana longsor.

“Dari kejadian bencana tersebut, Alhamdulillah tidak ada  korban jiwa, hanya kerugian material saja yang saat ini sedang dilakukan identifikasi dan pendataan karena kami masih fokus pembersihan material akibat bencana,“ terangnya.

Kepala Desa Tarutung Baru, Dames Pasaribu mengatakan bahwa tidak ada korban jiwa dalam peristiwa banjir bandang tersebut. Namun, selain rumah warga yang hanyut dan rusak berat, ditambah sejumlah lahan pertanian mengalami kerusakan.

“Ini merupakan peristiwa alam dan Pemko Padangsidimpuan bersama TNI dan Polri telah lakukan langkah-langkah perbaikan dan membuka jalur jalan yang tertimbun begitu juga rumah warga,” ujar Dames Pasaribu.

Pantauan di lokasi, terlihat puluhan personil dari BPBD Pemko Padangsidimpuan bersama personil TNI dan Polri sedang melakukan pembersihan material akibat banjir bandang dan longsor di Desa Tarutung Baru Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara Kota Padangsidimpuan, Rabu (15/5) sekira pukul 02.00 WIB. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar

Personil BPBD, TNI dan Polri membersihkan saluran air yang tumpat akibat banjir dan longsor yang melanda Desa Tarutung Baru Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara Kota Padangsidimpuan, Rabu (15/5) sekira pukul 02.00 WIB. (Foto: Riswandy)


















Komentar Anda

Berita Terkini