MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Kadinkes Sumut di Nonjobkan, Program Kesehatan akan Terbengkalai

harian9 author photo

MEDAN| H9
Dinas kesehatan merupakan organisasi perangkat dearah yang membantu urusan pemerintah daerah dalam urusan kesehatan. Dinas kesehatan mempunyai fungsi, antara lain perumusan kebijakan, koordinasi dan pengendalian sistem kesehatan.

"Fungsi strategis ini harus berjalan, karena berhubungan dengan pengaturan bagaimana menyehatkan masyarakat," kata Pengamat Kesehatan Sumut Destanul Aulia SKM MBA Mec PhD, saat menanggapi Gubsu Edy Rahmayadi menonjobkan Agustama dari Kadinkes Sumut dan belum ada yang definitif di Medan, Rabu (8/5/2019) Siang.

Detanul menambahkan, kepala dinas kesehatan dinonjobkan dan sampai saat ini belum ada yang definitif dapat menimbulkan fungsi strategis hingga terbengkalai dan menunjukkan tidak pahamnya pemerintah daerah dalam memberikan prioritas di setiap bidangnya.

Destanul mengaku urusan pengantian jabatan adalah hal yang biasa dilakukan untuk peningkatan pengalaman pegawai dan percepatan kinerja pelayanan dalam bidangnya masing-masing. Tapi setidaknya sudah diatur sedemikian rupa sehingga dalam proses pergantian sudah ada pengantinya.

"Selain itu, proses pergantian ini harus transparansi dan sesuai dengan aturan yang berlaku. Karena pergantian ini mengandung pesan moral bagi pegawai dan staf lainnya. Jangan terjadi moral hazard atau demotivasi bagi yang lainnya," jelasnya.

Selain itu, Destanul menduga sejumlah eselon II yang dinonjobkan pada waktu tertentu sebelum masa akhirnya menunjukkan ada yang salah dalam kinerja pelayanannya, sehingga dilakukan evaluasi oleh pimpinannya. Kondisi ini memberikan pesan bahwa siapa saja yang tidak memberikan pelayanan yang terbaik, sewaktu-waktu dapat dinonjobkan.

"Mungkin ini gaya kepemimpinan yang sudah biasa dilakukan di organisasi yang penuh kedisiplinan dan ini sah-sah saja berlaku di lingkungan kesehatan, karena urusan kesehatan juga merupakan urusan yang beresiko tinggi seperti kondisi seseorang yang akan di operasi, maka pilihannya hidup atau mati. Apalagi gubernur kita ini berdarah militer jadi prinsip kedisiplinan menjadi hal yang utama," ungkapnya.

Kedisiplinan yang dimaksud tentunya dalam segala aspek seperti pencapaian kinerja, target pelayanan dan lainnya. 

"Satu sisi dalam hal regenerasi kepemimpinan atau sustanability kepemimpinan perlu dibangun perencanaan karir yang baik, jadi pegawai dan staf akan berlomba-lomba untuk mencapai prestasinya. Karena mereka yakin yang berprestasilah pasti akan menjadi pemimpin berikutnya," pungkas Destanul. (Jae9)
Editor: Mardan H Siregar 

Pengamat Kesehatan Sumut Destanul Aulia SKM MBA Mec PhD. (Foto: Jaenal Abidin)


Komentar Anda

Berita Terkini