MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Kerukunan Antar Ummat Beragama Jadi Kunci Suksesnya Pembangunan

harian9 author photo

TAPSEL| H9
Kerukunan antar ummat beragama menjadi salah satu kunci kesuksesan pembangunan bangsa dan negara khususnya di Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) yang memiliki beragam agama, suku dan bahasa.

Salah satu daerah di Kabupaten Tapsel yang memiliki keragaman yakni di Kecamatan Tanah Tombangan (Tantom) Angkola yang masyarakatnya memiliki keragaman suku dan agama, sehingga menjadikan perbedaan sebagai salah satu pendukung kesuksesan pembangunan di wilayah tersebut.

“Perbedaan suku dan agama tidak pernah menjadi masalah bagi masyarakat di Kecamatan Tantom Angkola, mereka selalu hidup berdampingan dengan rukun dan damai,“ ujar Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu pada saat kunjungan Safari Ramadhan 1440 H/2019 M di Masjid Nurul Huda, Desa Kota Tua, Kecamatan Tantom Angkola, Jum'at (24/5). 

Syahrul menambahkan, sesungguhnya kemajuan Tantom Angkola apabila dilihat dari segi pembangunan sudah cukup lumayan baik. Beda dengan waktu dahulu yang perjalanan menuju kemari agak sulit ditempuh.

“Itulah nikmatnya pembangunan yang sudah berjalan secara bertahap sehingga pembangunan tersebut dapat dinikmati oleh masyarakat walaupun belum sepenuhnya seratus persen namun perhatian pemerintah tidak penah putus,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Syahrul meminta kepada seluruh masyarakat Tantom Angkola agar kerukunan antar ummat beragama selalu dipertahankan dan patut ditiru oleh Kecamatan lainnya. Karena kerukunan antar ummat beragama merupakan salah satu pendukung suksesnya pembangunan.

“Oleh karena itu mari yang sudah baik ini terus kita jaga dan dipertahankan, karena setiap pembangunan dapat berhasil apabila kita selalu kompak dan bersatu untuk menjaga dalam memberhasilkan seluruh aspek pembangunan,“ tuturnya

Sementara Al-Ustadz H. Henri Harahap dalam tausiahnya menyampaikan, bahwasanya ada beberapa manfaat penting yang bisa diperoleh ketika sebuah keluarga selalu makan bersama, terutama saat bulan suci ramadhan yaitu kesempatan untuk saling terbuka, silaturrahmi dalam keluarga, membangun kekompakan keluarga dan menciptakan kenangan yang indah.

Safari Ramadhan juga dirangkai dengan penyerahan bantuan dari BAZNAS kepada 15 orang mustahik sebesar Rp.500 ribu per orang, bantuan untuk nazir masjid sebesar Rp.2,5 juga, santunan  dari BKMT kepada 6 orang anak yatim sebesar Rp.150 ribu per orang, bantuan dari PT. Bank Sumut Cabang Sipirok kepada 5 orang mustahik dan bantuan dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak melalui Lembaga Pemberdayaan Perempuan Lanjut Usia (LPPLU) berupa bingkisan kepada 8 orang di Kecamatan itu.

Turut hadir pada Safari Ramadhan tersebut, Sekdakab Tapsel Drs. Parulian Nasution, Ketua MUI Tapsel, Kepala Bank Sumut Cabang Sipirok, beberapa pimpinan OPD, Camat Tantom Angkola Indra Sakti Siregar, tokoh adat, Ketua BKMT, Kepala Desa, PKK, OKP, ormas, tokoh masyarakat, tokoh adat dan seluruh masyarakat Kota Tua. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar

Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu memberikan sambutan pada acara Safari Ramadhan 1440 H/2019 M di Masjid Nurul Huda, Desa Kota Tua, Kecamatan Tantom Angkola, Jum'at (24/5). (Foto: Riswandy)



Komentar Anda

Berita Terkini