MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Latihan Posko I di wilayah Korem 083/Baladhika Jaya, Secara Resmi Dibuka

harian9.com author photo

KOTA MALANG| H9
Setelah melewati berbagai proses perencanaan yang sangat matang, akhirnya latihan posko I di wilayah jajaran Korem 083/Baladhika Jaya, secara resmi dibuka.

Bertemakan Kodim 0825/Banyuwangi Siap Membantu Pemda Dalam Menangani Bencana Alam wilayah, Kepala Staf Korem (Kasrem), Letkol Arm Budi Santoso menilai jika latihan posko yang berlangsung di Banyuwangi, Jawa Timur saat ini, Selasa (7 sd 9 Mei 2019), mampu meningkatkan kemampuan Komandan Satuan, khususnya Kodim Banyuwangi beserta stafnya dalam merencanakan operasi, hingga penyelenggaraan kodal operasi, dan implementasi prosedur tata kerja yang berlaku di suatu pos Komando.

 “Latihan ini, juga dalam rangka mendukung Operasi Militer Selain Perang (OMSP) manakala satuan jajaran kita terlibat dalam penanganan bencana alam,” jelas Kasrem. 

“Skenario yang dibuat, berdasarkan kondisi wilayah, seperti halnya Kabupaten Banyuwangi bagian Selatan,” imbuhnya.

Banyuwangi wilayah selatan, kata almamater Akademi Militer tahun 1994 itu, berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, dan dinilai rawan terjadinya tsunami.

“Maka, skenario yang kita buat adalah, bagaimana upaya kita dalam menghadapi bencana tsunami, dengan latihan ini maka mereka akan mengetahui dan mendapatkan pembelajaran terkait bagaimana melakukan  koordinasi dengan unsur-unsur di wilayah,” tandasnya.

Selain mampu meningkatkan kemampuan Komandan dan staf Satuan terkait, dirinya berharap jika latihan posko I yang berlangsung saat ini, nantunya mampu mewujudkan profesionalisme TNI dalam menjalankan tugas perbantuan kepada Pemerintah Daerah khususnya dalam penanganan bencana. 

“Sehingga, upaya itu mampu memenuhi tuntutan tugas pokok yang ditentukan oleh Komando atas,” tegasnya. (Autentifikasi: Kapenrem 083/Baladhika Jaya, Mayor Inf Prasetya HK, SH. MH).rel/03.
Editor: Mardan H Siregar 

(Foto: Penrem 083/Baladhika Jaya)






Komentar Anda

Berita Terkini