MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Passing Exercise KN Tanjung Datu 301 dengan Kapal Indian Coast Guard

harian9.com author photo

PORT BLAIR INDIA| H9
KN Tanjung Datu 301 melaksanakan latihan bersama passing exercise dengan kapal Indian Coast Guard di perairan Andaman. Kerja sama latihan ini dilakukan saat KN Tanjung Datu 301 meninggalkan pelabuhan Port Blair dan ini menandakan berakhirnya seluruh rangkaian kegiatan KN Tanjung Datu 301 selama di Port Blair India, Kamis (16/5/2019).


Rencana latihan ini telah dikoordinasikan 2 (hari) sebelumnya dengan matang saat Ketua Delegasi Laksma Eko Murwanto, S.Sos., Komandan KN Tanjung Datu 301 Kolonel Bakamla Capt. Nyoto Saptono, S.H.,M.Si (Han) M.Mar., Dansatgas Kolonel A. muharam, Wadan Satgas Kolonel Bakamla Abriadi, Kasi Logistik Opsla Mayor Bakamla Kustriyani melaksanakan Table Top Exercise kepada Inspector General MV Pathak, Commander Coast Guard Regional Andaman dan Nicobar di Headquarters ICG.

Pada pukul 09.30 waktu setempat, KN Tanjung Datu 301 dan kapal Vijit ICG melaksanakan uji komunikasi dengan baik, pukul 09.45 helikopter CG 813 dan pesawat CGDO milik ICG melakukan penerbangan deteksi terhadap kapal yang diduga dibajak, dan pukul 10.45 KN Tanjung Datu 301 dan Vijit sudah berada di titik kumpul/rendezvous (RV) yang sudah disepakati sebelumnya. Latihan pun dimulai dengan operasi penerbangan helikopter CG 813 ICG dalam evakuasi dan pertolongan medis terhadap korban yang melarikan diri dari pembajakan kemudian dilanjutkan manuver helikopter ICG saat proses penurunan korban di helideck kapal Vijit.

Setelah beberapa kali melaksanakan manuver di atas kapal target, kapal Vijit bertindak selaku Officer Conducting Serial (OCS) menginformasikan kepada KN Tanjung Datu 301 untuk dapat bekerja sama mengirimkan pasukan VBSS dalam melumpuhkan kapal target yang telah dibajak. Pukul 11.30 tim VBSS dari kapal Vijit bersamaan dengan tim URCL KN Tanjung Datu 301 menurunkan Speedboat untuk tindakan pelumpuhan terhadap pelaku pembajakan. Aksi kerja sama tim anti pembajakan ICG dengan URCL KN Tanjung Datu 301 memperlihatkan teknik Visit Board Search and Seizure (VBSS) dengan baik.

Kegiatan latihan pun diakhiri dengan pemberian hormat Inspector General MV Pathak, Commander Coast Guard Regional Andaman Nicobar dan Ketua Delegasi Laksma Bakamla Eko Murwanto, S.Sos kepada KN Tanjung Datu 301 dan kapal  ICG beserta helikopter ICG yang turut ambil bagian dalam latihan.

Di atas kapal Vijit ICG antara Komandan Headquarters ICG (A&N) dan Ketua Delegasi Bakamla, Laksma Eko menyampaikan ucapan terimakasih atas pelaksanaan kerjasama latihannya dan sebaliknya Inspector General MV Pathak menyampaikan hal serupa dengan tambahan ucapan selamat jalan menuju Indonesia. (Autentikasi: Kasubbag Humas Bakamla Letkol Bakamla Mardiono) 


Komentar Anda

Berita Terkini