MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Pemuda Muhammadiyah Sumut Himbau Semua Elemen Anak Bangsa Menahan Diri

harian9.com author photo

MEDAN H9
Ketua Pemuda Muhammadiyah Sumatera Utara, Basir Hasibuan M.Pd, menghimbau kepada semua elemen anak bangsa untuk menahan diri menunggu keputusan KPU 22 Mei yang akan datang.

"Bagaimana pun (KPU) itu lembaga yang sah secara hukum," tuturnya pada Wartawan, Kamis (16/5/2019).

"Pemilu kali inikan pemilu yang lumayan panas, jadi memang semua elemen anak bangsa, menahan dirilah. Jangan memprovokasi. Dari kubu 01 jangan memprovokasi 02. Demikian juga sebaliknya. Itulah yang paling penting bagi kita, apalagi ini Bulan Suci Ramadhan", tambahnya.

Menurut aktivis Pemuda Sumut ini, jika dirasa ada kecurangan-kecurangan, maka dibuktikanlah itu ke Lembaga-Lembaga yang menanganinya. Jika ada kecurangan yang lebih massif lagi bisa dilaporkan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

"Karena jika ada kecurangan - kecurangan yang muncul, sebagai anak bangsa kita memang berpartisipasi untuk menegakkan hukum," lanjutnya.

Dijelaskan Basir lagi, inti dari pelaksanaan Pemilu ini adalah proses demokrasi. 

"Biasalah, karena calon cuma 2, menurut yang ini baik, yang sana juga bilang baik. Tapi penentuannyakan sudah dilakukan tanggal 17 April 2019 kemarin," terangnya.

Ia menegaskan, Persatuan Indonesia ini lebih penting dari segalanya. 

"Inikan serentak Pileg dan Pilpres, kalau ada yang merasa dicurangi silahkan ke lembaga yang berwenang, dan bawa bukti. Karena kalau tidak disertai dengan bukti-bukti, ya sama juga dengan bohong," ungkapnya.

"Harapan kita, Indonesia inikan tetap aman nyaman, dan ini memang tergantung di penyelenggara, kalau di penyelenggara ini ditemukan ada kecurangan maka bisa ricuh. Tapi kalau penyelenggara baik, jujur dan betul - betul membuktikan kejujurannya itu, saya yakin nanti tidak akan ada perlawanan," tutup Basir. (HJ9)
Editor: Mardan H Siregar

Ketua Pemuda Muhammadiyah Sumatera Utara Basir Hasibuan, M.Pd.  (Foto: Joko Hendro)





Komentar Anda

Berita Terkini