MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

PLN ULP Padangsidimpuan Gelar Buka Bersama dengan Dhuafa dan Anak Yatim

harian9.com author photo

PADANGSIDIMPUAN| H9
PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Layanan Pelanggan (ULP) Padangsidimpuan, menggelar acara kegiatan buka puasa bersama dengan kaum dhuafa dan anak yatim, di aula Kantor PT PLN ULP Padangsidimpun Jalan Sudirman Kelurahan Sadabuan Kecamatan Padangsidimpuan Utara Kota Padangsidimpuan, (15/5).

Acara dibuka oleh Manager PT PLN ULP Padangsidimpuan Kota Marison Hasibuan, dihadiri Manager PT PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Padangsidimpuan Dian Herizal, para Manager Bagian, staf dan karyawan PLN UP3, Al Ustadz Maratonggi Hasibuan, tokoh masyarakat, kaum dhuafa dan anak yatim.

Manager PLN UP3 Padangsidimpuan, Dian Herizal dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian safari Ramadhan PT PLN UP3 ke seluruh jajarannya bersama dengan masyarakat disekitar kantor besar PT PLN di wilayah kerja PT PLN UP3 Padangsidimpuan.

Dian menambahkan, safari Ramadhan ini juga bagian dari program CSR PT PLN di bidang social keagamaan, yang PT PLN Sumatera Utara (Sumut) Sumut memiliki Yayasan Baitul Maut, yakni Yayasan yang bergerak di bidang social yang mana setiap karyawan khususnya yang muslim diwajibkan gajinya dipotong 2,5 persen untuk zakat dan infaq dan akan disalurkan kepada orang yang berhak menerima khususnya kaum duafa dan anak yatim.

Ia juga memohon maaf atas segala kesalahan teknis yang terjadi selama bulan Ramadhan ini, karena adanya beberapa wilayah yang sempat terjadi pemadaman listrik khususnya sewaktu sahur maupun saat berbuka puasa.

“Kejadian-kehadian seperti itu bukanlah kami kehendaki, tapi karena adanya masalah teknis di jaringan, sehingga harus dilakukan pemadaman sesaat selama dalam proses perbaikan jaringan yang dikerjakan oleh tim tekhnis PT PLN UP3 yang siap siaga selama 24 jam selama Ramadhan 1440 H ini,“ terangnya.

Kepada warga dhuafa dan anak yatim, Dian mengucapkan selama menjalankan ibadah puasa seoga amal dan ibadah kita diterima oleh Allah SWT dan disini juga kami ada memberikan sedikit santunan dan bingkisan agar kiranya dapat dimanfaatkan dengan baik.

“Kiranya santunan dan bingkisan ala kadarnya yang diberikan ini dapat bermanfaat dan ini merupakan program PT PLN yang selalu memberikan perhatian kepada warga dhuafa dan anak yatim,“ tuturnya.

Al Ustad Maratonggi Hasibuan dalam tausyaiahnya menyampaikan makna puasa di bulan Ramadhan dan ditunggu-tunggu oleh umat Muslim, karena umat Muslim diberikan waktu istimewa untuk memperbanyak amalan dan ibadah kepada Allah SWT.

“Pada bulan Ramadhan, kita bisa merefleksikan diri dan menumbuhkan sisi spritual. Namun, kebanyakan dari kita hanya memaknai bulan Ramadhan sebagai bulan ketika kita harus berpuasa selama sebulan penuh, karena selain menahan lapar dan haus, puasa juga mengharuskan kita untuk mengontrol emosi. Maka dari itu, puasa sebenarnya lebih dari sekadar tidak makan dan minum sampai matahari terbenam,“ ujar Ustadz Maratonggi.

Selain itu, makna berpuasa, selain mengatur diri untuk tidak makan dan minum, berpuasa juga bisa melatih kita untuk sabar dan tenang. Puasa adalah ibadah yang dilakukan kepada Allah SWT dengan niat. Niatkan puasa untuk Allah dan berikan kejelasan mengenai jenis puasa yang ingin kamu jalankan, apakah puasa wajib, sunnah, dan lain-lain.

“Selain menahan lapar dan haus, puasa juga menganjurkan kita untuk menjaga emosi. Amarah, nafsu, dan emosi yang berlebih dapat menyia-nyiakan kegiatan berpuasa. Oleh karena itu, waktu berpuasa dapat kita habiskan dengan perbanyak beribadah, membaca Al Quran, dan meminta atau memberikan maaf kepada orang lain,“ paparnya.

Manager PT PLN ULP Padangsidimpuan Kota Marison Hasibuan juga mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud kepedulian PLN kepada anak bangsa dan salah satu bentuk silaturahmi terhadap masyarakat sekaligus ungkapan syukur bahwa PLN berdiri untuk menerangi nusantara.

“Untuk acara ini, PT PLN UP3 Padangsidimpuan memberikan santunan kepada 15 orang anak yatim dan 10 orang dhuafa yang berdomisili dari lingkungan Kantor PLN UP3 Padangsidimpuan di Kelurahan Sadabuan sekitar,“ ungkap Marison.  (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar

Jajaran PT PLN ULP dan UP3 foto bersama dengan warga dhuafa dan anak yatim usai buka puasa bersama di aula Kantor PT PLN ULP Padangsidimpuan Jalan Sudirman Kelurahan Sadabuan Kecamatan Padangsidimpuan Utara Kota Padangsidimpuan, (15/5). (Foto: Riswandy)















Komentar Anda

Berita Terkini