MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT# DIJUAL SEBIDANG TANAH DI DISKI KECAMATANG SUNGGAL KABUPATEN DELISERDANG, UKURAN 12M x 18M, SK CAMAT HARGA Rp. 100JUTA, BERMINAT HUBUNGI 081370413190 (WAK SU)

Polres Tapsel dan BNNK Gelar Razia dan Tes Urine Pengemudi Angkutan Umum

harian9 author photo

TAPSEL| H9
Jajaran Polres Tapanuli Selatan (Tapsel) dan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tapsel menggelar razia gabungan dengan sasaran test urine terhadap supir angkutan umum yang melintas di wilayah hukum Polres Tapsel khususnya di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Batang Angkola,  Selasa (21/5).

Razia gabungan yang dimulai pukul 09.00 WIB tersebut dipimpin oleh Kabag Ops Polres Tapsel Kompol Sutoyo, didampingi Kasat Resnarkoba AKP. Zulfikar, SH, Kasat Lantas AKP. Muri Yasnal, SH, Kasat Sabhara AKP. Eddy Sudrajat, SH dan Kapolsek Batang Angkola AKP Yuswanto, SH, dengan meibatkan 66 orang personil, terdiri dari, personil Polres Tapsel 41 orang, BNNK Tapsel 3 orang, TNI 2 orang, Sub Denpom 1/2-3 Padangsidimpuan 2 orang, Dinas Perhubungan Tapsel 8 orang, dan Sat Pol PP Tapsel 10 orang.

Kabag Ops Polres Tapsel Kompol Sutoyo mengatakan, razia test urine dilakukan terhadap supir angkutan umum secara acak sebanyak 20 orang. Selain tes urine juga dilakukan pemeriksaan terhadap kondisi bus, mulai dari sistem lampu kenderaan, kaca spion, ban kendraan maupun ban serap, sistem rem kendraan, sistem kemudi kendraan, pedal rem, kopling, gas serta kelengkapan lain seperti tabung apar, kotak P3K, dongkrak, segitiga pengaman, dll.

“Pemeriksaan tes urin ini merupakan bentuk kepedulian yang diberikan pemerintah dan Polri kepada para pemudik dalam menghadapi Idul Fitri 1440 H Tahun Baru 2019 dan ini merupakan bentuk keseriusan dari Polri terhadap para pemudik yang sasarannya sopir untuk meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, yang disebabkan karena terindikasi pengemudi yang positif narkoba dan kondisi badan yang kurang sehat,“ katanya.

Dikatakannya, dalam kegiatan razia tersebut terhadap para pengemudi kendaraan umum yang dilakukan test urine secara acak sebanyak 20 orang, ditemukan 2 orang supir kenderaan yang positif  narkotika. 

“Dua engemudi kenderaan yang positif narkoba kita serahkan ke BNNK Tapsel untuk dilakukan rehab,“ jelasnya.

Terpisah, Kepala BNNK Tapsel AKBP. Dra. Siti Aminah Siregar menyampaikan, kegiatan ini sangat positif di laksanakan bagi supir angkutan umum, mengingat para pengemudi bus umum sebagai angkutan masyarakat dan sangat besar manfaatnya apabila seorang pengemudi memahami resiko dan bahaya narkoba.

“Apabila pengemudi menyadari bahwa resiko dan bahaya narkoba, berarti pengaruhnya sangat besar untuk penyelamatan nyawa penumpang dan mengurangi kecelakaan lalu lintas dan para supir angkutan umum merupakan ujung tombak dalam penyelamatan ribuan nyawa penumpang,“ terang Siti Aminah. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar 

Tim gabungan dari Polres Tapsel dan BNNK Tapsel saat menggelar razia kenderaan dengan sasaran test urine terhadap supir angkutan umum yang melintas di wilayah hukum Polres Tapsel khususnya di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Batang Angkola,  Selasa (21/5). (Foto: Riswandy)



Komentar Anda

Berita Terkini