MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT* SELURUH JAJARAN PEMIMPIN UMUM, PEMIMPIN REDAKSI, WARTAWAN DAN KARYAWAN HARIAN9 Mengucapkan Selamat Berbahagia atas Resepsi Pernikahan WIWID WIDODO dan NANI AFRIDA br GINTING, SH. Semoga menjadi keluarga yang sakinah mawaddah wa rahmah"

Sampai Hari ini Peningkatan Tiket Bus Belum Nampak

harian9 author photo

MEDAN| H9
Menjelang Hari Raya Lebaran menjadi sebuah tradisi bagi masyarakat Indonesia khususnya kalangan perantau untuk mudik. Berbagai sarana transportasi seperti pesawat terbang, kapal laut, kereta api, hingga bus antar kota antar provinsi menjadi pilihan masyarakat Indonesia menuju kampung halaman.

Seperti, Bus menjadi opsi transportasi yang menarik bagi Anda yang tidak diburu waktu dan ingin menikmati sensasi perjalanan yang panjang. Harga tiket bus rute Medan-Jakarta sendiri bervariasi, tetapi berada di rentang ratusan ribu rupiah per orang.

Humas PT Angkutan Lintas Sumatera (ALS), Alwi Matondang mengatakan pihaknya menyediakan tiket bus dengan rute perjalanan yang beragam. Untuk rute yang dilalui bus ALS ini meliputi kota-kota di Sumatera dan Jawa antara lain Medan, Dumai, Palembang, Jambi, Lampung, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya, Malang dan sebagainya.

"Sampai hari ini peningkatan tiket bus belum nampak, mungkin karena anak sekolah belum libur. Para orangtua lebih cenderung menunggu anaknya, kapan pastinya libur. Tapi pemesanan tiket untuk mudik sudah ada, paling banyak menuju ke Sumatera Barat dan Mandailing Natal," kata Alwi di Medan, Rabu (22/5/2019)siang.

Alwi menyebutkan, prediksi lonjakan pemesanan tiket bus jatuh pada tanggal 25 Mei 2019. Sementara untuk arus balik jatuh mulai tanggal 10 Juni 2019 dan biasanya terjadi peningkatan di wilayah Sidempuan,Panyambungan dan Kotanopan.

"Kita perkirakan lonjakan pemesanan bus akan meningkat sekitar 25 hingga 35 persen. Tiket Medan ke Jakarta itu Rp.635 ribu dan Medan ke Surabaya dibanderol Rp.850 ribu. Seat yang tersedia masing banyak terutama ke Jakarta dan Jawa," ungkapnya.

Loket ALS buka setiap hari dari pukul 07.00 sampai 20.00 WIB berada di Jalan Sisingamangaraja No.KM. 6,5, Harjosari II, Kec. Medan Amplas, Kota Medan. Pemesanan tiket bus juga bisa dipesan secara daring yakni Traveloka.

"Buat para konsumen yang ingin naik bus, kita sarankan hadir satu jam sebelum jam keberangkatan," tutur Alwi.

Alwi berharap agar pemerintah memperbaiki infrastruktur dan keamanan di jalan ditingkatkan. 

"Harapan kami cuma dua saja, infrastruktur jalan dan keamanan. Infrastruktur jalan di daerah Jambi dan Palembang itu rusak parah. Selain itu jalan di Batu Jomba Sipirok Tanjung Selatan itu juga paling parah," jelasnya.

Ia menuturkan sejak lima tahun belakangan ini lagi marak masalah pelemparan kaca bus. 

"Antisipasi dari kita tetap ada, dan sudah pernah dapat juga pelakunya dan sudah kita serahkan ke polisi, tapi sampai sekarang belum ada efek jera. Kita berharap juga kepada pihak kepolisian rajinlah melakukan patroli. Yang paling sering terjadi itu di Kabupaten Lima Puluh Kota sampai ke perbatasan Riau," pungkas Alwi. (Jae9)
Editor: Mardan H Siregar

Pemudik saat pembelian tiket di ALS Medan. (Foto: Jaenal Abidin)



Komentar Anda

Berita Terkini