MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Warga Binaan Lapas Klas IIB Salambue Terima Remisi Idul Fitri 1440 H.

harian9.com author photo

PADANGSIDIMPUAN| H9
Sebanyak 763 orang warga binaan pada Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Salambue Padangsidimpuan, menerima remisi Idul Fitri 1440 H, yang diserahkan oleh Kepala Lapas Klas IIB Salambue, Haposan Silalahi, A.md, IP, S.Sos usai sholat Idul Fitri 1440 H di halaman Lapas Klas IIB Salambue Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara, Rabu (5/6).

Remisi atau pengurangan masa tahanan, diserahkan secara simbolis kepada warga binaan, diwakili Romi Efendi, yang berketepatan memperoleh bebas remisi pada 5 Juni 2019 dalam satu acara, disaksikan para Staf dan pegawai Lapas Klas IIB Salambue Padangsidimpuan.

Dari 763 warga binaan yang memperoleh remisi tersebut, sebanyak 418 warga binaan memperoleh Remisi Khusus Idul Fitri, yang mana ada 6 orang yang langsung bebas langsung (RK II), setelah mendapatkan remisi, terhitung Rabu 5 Juni 2019. 

Sementara 412 warga binaan lainnya orang mendapat remisi khusus (RK I) mulai dari pemotongan masa tahanan bervariasi mulai dari pemotongan masa tahanan selama 15 hari, 1 bulan, 1 bulan 15 hari dan 2 bulan.

Pada acara penyerahan remisi, Kepala Lapas Kelas IIB Sialambue Padangsidimpuan Haposan Silalahi menyampaikan sambutan tertulis Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kumham) Yasonna Laoli, bahwa sistem pemasyarakatan bertujuan untuk mengembalikan Warga Binaan Masyarakat (WBP) sebai warga yang baik.

“Untuk melindungi masyarakat terhadap kemungkinan diulanginya tindak pidana oleh warga binaan, serta merupakan penetapan dan pembagian yang tak terpisahkan dari nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila,“ ujar Yasona.

Usai penyerhan remisi, Kepala Lapas Kelas IIB Sialambue Padangsidimpuan Haposan Silalahi mengatakan, tidak semua warga binaan Lapas Klas IIB Salambue Padangsidimpuan yang mendapatkan remisi khusus Idul Fitri. Karena dari sekitar 763 orang warga binaan, hanya 418 warga binaan orang yang memenuhi syarat untuk mendapatkan remisi Idul Fitri. Selebihnya atau berkisar 355 warga binaan lainnya diusulkan untuk remisi susulan.

“Dari 763 yang diusulkan oleh Lapas Klas IIB Salambue Padangsidimpuan. Tapi masih ada kemungkinan remisi susulan. Artinya mereka yang memenuhi syarat sudah enam bulan di dalam lapas, tapi putusannya belum disetujui oleh Jaksa itu bisa diusulkan setelah Hari Raya Idul Fitri,“ ujar Haposan.

Haposan menjelaskan, syarat untuk mendapatkan remisi diantaranya sudah berstatus narapidana yang dibuktikan dengan putusan hakim yang memiliki kekuatan hukum tetap dan bukan tahanan. 

Selain itu, sudah mengalami penahanan atau pidana minimal enam bulan, berkelakuan baik dan bila nantinya warga binaan berkelakuan buruk setelah mendapatkan remisi, maka pada tahun berikutnya mereka yang tidak berkelakuan baik tidak akan diusulkan untuk mendapatkan remisi.

“Mereka yang mendapatkan remisi merupakan warga binaan yang selama 6 bulan terakhir memiliki catatan berkelakuan baik. Selain itu juga aktif mengikuti program di Lapas terutama kegiatan ibadah puasa dan warga binaan yang mendapatkan remisi merupakan yang sudah divonis dan mempunyai kekuatan hukum tetap,“ terangnya.

Sebelumnya, warga binaan dan pegawai Lapas Klas IIB Salambue Padangsidimpuan, melaksanakan shalat idul Fitri di halaman Masjid Al-Ikhlas Lapas Klas IIB Padangsidimpuan ini, yang kegiatan diawali dengan takbir, tahmid dan tahlil secara bersama-sama oleh warga binaan dan pegawai Lapas Padangsidimpuan, sekaligus mendengarkan khutbah dari Ustadz Amran Siregar S.Pd.

“Moment Idul Fitri 1440 H sangat dirasakan berbeda oleh warga binaan Lapas Kelas IIB Salambue Padangsidimpuan, karena, mereka menjalani momen lebaran dibalik terali jeruji dan tidak bisa secara langsung berkumpul bersama keluarga di dalam rumah dan melakukan silaturahmi dengan sanak famili. Meski begitu, mereka masih bisa merasakan nuansa lebaran dengan melaksanakan shalat idul Fitri,“ tandas Haposan. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar

Kepala Lapas Klas IIB Salambue, Haposan Silalahi, A.md, IP, S membacakan sambutan tertulis Kemenkumham pada acara penyerhan remisi khusus Idul Fitri 1440 H kepada warga binaan di di halaman Lapas Klas IIB Salambue Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara, Rabu (5/6). (Foto: Riswandy)




Komentar Anda

Berita Terkini