MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT# DIJUAL SEBIDANG TANAH DI DISKI KECAMATANG SUNGGAL KABUPATEN DELISERDANG, UKURAN 12M x 18M, SK CAMAT HARGA Rp. 100JUTA, BERMINAT HUBUNGI 081370413190 (WAK SU)

Dinas PMD Paluta Adakan Santiaji Pembentukan Panitia Pilkades Tahun 2019

harian9 author photo

PALUTA| H9
Menjelang pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) pada tahun 2019 ini, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) melaksanakan bimbingan teknis (bimtek) atau santiaji pembentukan panitia pelaksanaan pilkades kepada para Pelaksana tugas kepala desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di aula serbaguna kabupaten Paluta, Rabu (10/7).

Acara santiaji pembentukan panitia Pilkades ini dihadiri oleh Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) kabupaten Paluta H Ihpan Siregar, camat se Paluta, Inspektorat Paluta yang diwakili Irban IV Lairar Rusdi Nasution SSTP yang bertindak sebagai narasumber bersama Kepala Badan PMD Paluta.

Kepala Badan PMD kabupaten Paluta H Ihpan Siregar dalam sambutannya mewakili Bupati Paluta menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bimtek terkait tata cara pembentukan panitia Pilkades serentak tahun 2019.

Selain itu,kegiatan ini juga memberikan kepastian terkait tahapan dan ketentuan teknis lainnya dalam pelaksanaan pilkades serentak tahun 2019 di kabupaten Paluta.

“Agar nanti lebih jelas terkait tahapan dan ketentuan teknis lainnya terkait tahapan Pilkades,” ujarnya.

Katanya, untuk tahun ini, sesuai dengan instruksi pelaksanaan Pilkades di kabupaten Paluta direncanakan untuk 169 desa yang tersebar diseluruh wilayah kabupaten Paluta. Namun untuk jadwal pelaksanaannya belum bisa dipastikan.

Untuk itu, ia berharap agar nantinya para peserta yang terdiri atas pelaksana tugas kepala desa dan BPD sebagai leading sector pembentukan panitia Pilkades agar bekerja lebih profesional dengan tetap menjaga kondusifitas ditengah masyarakat.

“Diharapkan dengan kegiatan ini, tahapan Pilkades dapata terselenggara dengan baik, lancar, aman dan sukses mewujudkan kebersamaan membangun kampung,” harapnya.

Ia juga berpesan bahwa peran utama seluruh peserta sebagai leading sector Pilkades diharapkan untuk tidak terjadi pengkotak-kotakan terhadap calon kades yang ditakutkan berpengaruh terhadap adanya perpecahan ditengah masyarakat.

“Mari kita jaga ketertiban, keamanan bersama dan hangan memihak kepada siapa pun agar kedepannya dapat terlaksana pemerintah yang baik dan bermanfaat bagi masyarakat,” tukasnya.

Terpisah, kepala bidan Pemerintahan Desa Muzni Lelo Harahap SSTP menyampaikan bahwa untuk tahun ini direncanakan 169 desa yang akan melaksanakan Pilkades meskipun belum bisa dipastikan dan masih dalam tahapan penyesuaian dan penyelesaian prosedural.

Lanjutnya, setelah kegiatan santiaji pembentukan panitia pilkades ini, akan diadakan bimtek lanjutan terhadap panitia yang dibentuk terkait tahapan dan teknis pelaksanaan lainnya.

“Kedepan akan diadakan bimtek terhadap panitia yang sudah terbentuk dalam hal teknis tahapan dan persyaratan pelaksanaan Pilkades nantinya,” ujarnya.

Pantauan, usai pemaparan materi dari narasumber yakni Irban IV Lairar Rusdi Nasution SSTP, kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antara peserta bimtek dan narasumber terkait tahapan pembentukan panitia dan teknis pelaksanaan Pilkades. (Dek9)
Editor: Mardan H Siregar 

Kadis PMD Kabupaten Paluta H Ihpan Siregar saat menjawab pertanyaan dari peserta santiaji atau bimtek pembentukan panitia Pilkades tahun 2019 di aula serbaguna kabupaten Paluta, Rabu (10/7).  (Foto: Akhir S Rambe)






Komentar Anda

Berita Terkini