MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Dua Kali Diskors, DPRD Kota Padangsidimpuan Terima Hasil Laporan Keuangan Pertanggungjawaban APBD 2018

harian9 author photo

PADANGSIDIMPUAN| H9
Walau sempat dua kali di skors, akhirnya Walikota Padangsidimpuan menyampaikan nota keuangan pertanggungjawaban Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran (TA) 2018, pada rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padangsidimpuan, di ruang rapat DPRD setempat, Senin (8/7).

Rapat Paripurna dihadiri 18 dari 30 anggota DPRD, dipimpin Ketua DPRD Kota Padangsidimpuan Hj. Taty Aryani Tambunan, SH, didampingi Wakil Ketua Ahmad Yusuf Nasution dan Edi Jurianto, dihadiri Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Padangsidimpuan, Sekdakota H. Letnan Dalimunthe, SKM, M.Kes, Sekretaris DPRD Irfan Bakhri, S.Sos, para Asisten, Kaban, Kadis  di lingkungan Pemko Padangsidimpuan.

Dalam laporan Badan Anggaran DPRD Kota Padangsidimpuan yang disampaikan anggota Banggar Iswandi Arisandi ada beberapa saran yang disampaikan kepada pihak eksekutif untuk ditindaklanjuti, antara lain, semua temuan BPK RI yang tertuang dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) agar segera ditindaklanjuti sesuai dengan rekomendasi baik dari BPK RI maupun DPRD Kota Padangsidimpuan.

Banggar DPRD Kota Padangsidimpuan juga merekomendasikan agar Pemko Padangsidimpuan memperkuat asfek pengawasan internal mulai dari perencanaan, pelaksanaan sampi pada pertanggungjawaban pelaksanaan APBD dengan mengoptimalkan fungsi pendampingan oleh Inspektorat Kota Padangsidimpuan.

Di samping itu, secara keseluruhan pencapaian target PAD Kota Padangsidimpuan hanya berkisar 82,25 persen namun bila diperhatikan pencapaian target retribusi di beberapa OPD penambang PAD masih minim dan Badan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Padangsidimpuan untuk menindaklanjuti hasil temuan BPK RI TA 2018 dan hasil temuan lapangan oleh Banggar DPRD Kota Padangsidimpuan terkait masalah lantai basement dan kebocoran pipa saluran air yang saat ini masih dalam masa pemeliharaan oleh rekanan serta penghentian kutipan parker di lokasi RSUD sampai ada payung hukum yang jelas.

Dalam pandangan akhir farksi-fraksi di DPRD Kota Padangsidimpuan, 8 fraksi menyatakan dapat menerima laporan keuangan pertanggungjawaban APBD TA 2018, walaupun ada beberapa saran yang harus ditindaklanuti pihak eksekutif.

Sementara Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada anggota dewan yang terhormat yang telah memberikan masukan, saran, dan pendapat. Begitu pula penjelasan yang telah disampaikan oleh OPD yang bersangkutan dengan berbagai argumentasi serta dasar hukum pelaksanaan silih berganti diutarakan.

“Pembahasan yang demikian tentunya berlangsung dengan alot, serius dan hangat, namun kita merasa bersyukur, karena dengan semangat kebersamaan tukar pikiran maka proses pembahasan dapat dilaksanakan secara cepat, akurat, sehingga dapat memenuhi jadwal yang ditetapkan Badan Musyawarah (Banmus) DPRD kota Padangsidimpuan,” kata Irsan.

Walikota juga menjawab beberapa masukan dan kritik terkait jalannya pemerintahan Kota Padangsidimpuan, diantaranya terkait rekrutmen Paskibra yang akan dilakukan seleksi dengan transparan, selain itu seragam dan pelatihan akan kita berikan dalam waktu dekat ini.

Sedangkan ketidahadiran Pimpinan OPD dalam rapat-rapat DPRD dikarena adanya beberapa agenda diluar kota dan kejadian tabrakan di Jalan Lintas Sumatera letaknya di Desa Salambue yang dialami guru kita akan lakukan upaya hukum.

“Untuk pelayanan kesehatan tentu ini masih tugas berat kita. Kita akan terus berupaya agar perbaikan pelayanan kesehatan terus membaik dari waktu ke waktu dengan meningkatkan sarana prasarana, diantaranya baru-baru ini telah kami lakukan pembangunan gedung rawat inap yang baru,“ sebutnya.

Usai rapat Paripurna, Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH beserta Pimpinan DPRD menandatangani penetapan Nota keuangan Pertanggung Jawaban APBD Kota Padangsidimpuan Tahun 2018. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar

Anggota Banggar DPRD Kota Padangsidimpuan Iswandi Arisandi menyerahkan dokumen Banggar kepada Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasurion, SH dan Ketua DPRD Kota Padangsidimpuan Hj. Taty Aryani Tambunan, SH pada rapat Paripurna DPRD Kota Padangsidimpuan, di ruang rapat DPRD setempat, Senin (8/7). (Foto: Riswandy)



Komentar Anda

Berita Terkini