MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT# DIJUAL SEBIDANG TANAH DI DISKI KECAMATANG SUNGGAL KABUPATEN DELISERDANG, UKURAN 12M x 18M, SK CAMAT HARGA Rp. 100JUTA, BERMINAT HUBUNGI 081370413190 (WAK SU)

Horee.., Hingga 30 Agustus 2019, Pemkab Sergai Akan Hapus Sanksi Denda PBB-P2 Dari Tahun 1995-2018

HARIAN9 author photo
SERDANG BEDAGAI| H9
Beruntung bagi wajib pajak yang memiliki tunggakan Pajak Bumi Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai). Sebab, mulai dari tanggal 8 juli hingga 30 Agustus 2019, Pemkab Sergai melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) mengeluarkan kebijakan berupa program penghapusan sanksi administrasi (denda).

Kepala Bapenda Sergai, M Zuhri Lubis SE M.AP mengatakan, penghapusan denda ini diperuntukkan bagi wajib pajak yang memiliki tunggakan PBB-P2 di Kabupaten Sergai sejak tahun 1995 hingga 2018.

“Ini merupakan kebijakan dari Pemerintah Daerah, untuk memberikan keringanan bagi wajib pajak yang memiliki tunggakan. Penghapusan denda ini kita berlakukan hingga 30 Agustus 2019 mendatang,”ujarnya saat ditemui diruang kerjanya, Rabu (10/7/2019).

Dijelaskannya, bahwa penghapusan sanksi denda PBB-P2 ini hanya berlaku bagi denda tunggakan saja, sedangkan nilai pokok tunggakannya tetap harus dibayarkan. Baik itu sebelum penyesuaian nilai jual objek pajak (NJOP) pada 2018 maupun sesudahnya.

“Jadi yang kita hapus hanya dendanya, sedangkan nilai pokonya tetap dibayarkan. Untuk pembayarannya, bisa langsung mendatangi Kantor Bank Sumut terdekat maupun Kantor Bapenda Komplek Kantor Bupati Sergai pada jam kerja,”ucapnya.  

Lebih lanjut disampaikan Zuhri, bahwa Penghapusan PBB-P2 ini dilaksanakan dengan tujuan mengoptimalkan penerimaan  pendapatan daerah khususnya PBB dan memberikan keringanan kepada penunggak pajak dalam melunasi tunggakannya.

“Kami berharap dengan program pemutihan denda ini, mengundang minat para wajib pajak yang bertahun-tahun menunggak pembayaran pajak. Inilah kesempatan bagi wajib pajak untuk membayarkan kewajibannya tanpa harus dikebakan denda,” harapnya.(Budi)

Kepala Bapenda Sergai, M. Zuhri Lubis SE M.AP

Komentar Anda

Berita Terkini