MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT# Walikota Medan Kena OTT, Ini Kata KPK # Selain Eldin, Kadis PU, Protokoler dan Ajudan Kena OTT # Gubsu Edy Tanggapi Soal Walikota Medan Kena OTT # KPK Minta "And" Asal Medan Segera Serahkan Diri # Walikota Medan Kena OTT, Dengan Linangan Airmata Akhyar Menanggapinya#

Jalin Keakraban, Satgas TMMD Juga Lakukan Diskusi di Warung Kopi Dengan Warga

harian9 author photo
PALAS| H9
Di sela-sela waktu istirahat, prajurit TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas TNI Manunggal Membangun Desa (Satgas TMMD) juga menyempatkan diri nongkrong sambil ngopi di warung kopi bersama warga untuk saling berdiskusi dan mencari solusi terkait kegiatan yang sedang mereka laksanakan di Desa Hutaraja Lamo Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas (Palas).

Walau hanya berlangsung 1 jam di saat istirahat, sholat dan makan (isoma) para prajurit dengan sikap yang serius saling bertukar pikiran dan ide dengan warga masyarakat dari berbagai usia dan latar belakang pendidikan serta pekerjaan, baik yang tua, muda bahkan ibu-ibu Desa juga ikut nimbrung untuk berdiskusi dengan para prajurit TNI, sehingga terbangun keakraban yang penuh kekeluargaan.

Saat kumpul bersama, para prajurit dan warga terlihat begitu akrab, terutama dengan ibu-ibu Desa yang mengibaratkan keakraban orang tua yang merindukan anaknya yang telah lama tidak pulang kampung.

Seperti yang dilakukan Sertu Yogi Despan Saputra asal satuan Yon 123 Rajawali yang tergabung dalam Satgas TMMD Kodim 0212/TS regular 105 tahun 2019 di Desa Hutaraja Lamo, yng hampir setiap hari ia silih berganti warung kopi menyempatkan diri berdialog dengan warga di sela-sela istirahat.

“ Di saat istirahat kita sempatkan untuk mampir di warung kopi bersama warga untuk berdiskusi terkait perkembangan kegiatan yang kami laksanakan dalam TMMD ini, disamping, kita mrenampung berbagai aspirasi dari masyarakat yang mantinya kita sampaikan ke pimpinan, “ ujar Sertu Yogi, Sabtu (27/7/2019).

Diungkapkannya, berbaur dengan masyarakat salah satu ajang silaturahmi yang merupakan bagian dari komunikasi sosial dalam rangka meningkatkan kemanunggalan TNI dengan Rakyat, karena TNI itu berasal dari ralyat.

“ Ini bagian dari komunikasi social yang harus kami jalin, tidak saja pada kegiatn TMMD, tapi kita dituntut tanggungjawab untuk selalu dekat dengan rakyat dan menjali hubungan yang harmonis masyarakat di mana saja, “ katanya.

Menurutnya, dengan adanya komunikasi yang baik antara TNI dengan rakyat disetiap sasaran pelaksanaan TMMD tentunya akan mampu saling memberi masukan dan informasi yang berguna.

“ Harapan saya kepada masyarakat agar tidak perlu takut sama tentara dan juga tidak segan-segan menegur maupun menasehati bilamana ada anggota Satgas TMMD yang berbuat kurang baik di Desa Desa Hutaraja Lamo dan sekitarnya ini, “ tuturnya.

Sementara salah seorang ibu warga Desa Hutaraja Lamo yang mengaku bermarga Nasution merasa bangga atas kedekatan prajurit TNI dengan masyarakat Desa apalagi sampai mau membangun Desa mereka melalui program TMMD.

“ Kami sangat terharu dengan  keramahan para prajurit TNI yang kelihatan masih muda-muda yang begitu memperhatikan warga Desa dan mau berdiskusi dengan warga Desa dan kami bisa berbagi cerita dengan para tentara yang begitu gagah dan tidak segan-segan turun ke Desa, “ ungkapnya. (Wan9)

Salah seorang anggota Satgas TMMD Kodim 0212/TS regular 105 tahun 2019 saat berkumpul dan berdiskusi sambil ngopi di warung kopi dengan warga Desa di sela-sela istirahat kegiatan TMMD di Desa Hutaraja Lamo Kecamatan Sosa Kabupaten Palas.  (Foto: Riswandy)


Komentar Anda

Berita Terkini