MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT* SELURUH JAJARAN PEMIMPIN UMUM, PEMIMPIN REDAKSI, WARTAWAN DAN KARYAWAN HARIAN9 Mengucapkan Selamat Berbahagia atas Resepsi Pernikahan WIWID WIDODO dan NANI AFRIDA br GINTING, SH. Semoga menjadi keluarga yang sakinah mawaddah wa rahmah"

Ketika Workshop Edukasi Pertamina Segarkan Para Jurnalis

harian9 author photo

ACEH TAMIANG| H9
Serombongan para wartawan mulai berdatangan ke Kota Bandung, hembusan angin seolah paham akan program penyegaran yang bakal bergulir di Novetel Hotel pada rabu hingga Jum'at (3-5/7/2019).

Pertamina EP asset 1 dan 2 mengirimkan perwakilan para jurnalis juga staf humasnya selama tiga hari diharapkan mampu mendapat penyegaran yang disajikan oleh Tempo Institut melalui kegiatan teknik menulis, diskusi, permainan dan reportase langsung ke objek wisata Farm House juga De'Ranc.

Dalam kesempatan pada acara pembukaan, Pujianto General Manager Pertamina EP asset 2 menyampaikan, "tugas khusus yang diberikan oleh negara untuk kebutuhan mencukupi energi nasional dan untuk tercapai hal tersebut harus diikutsertakan Pemerintah Daerah, TNI, Polri, masyarakat juga media," terangnya.

"Melalui program penyegaran untuk para jurnalis diharapkan dapat memberikan informasi secara berimbang dari dua sisi, dengan hal tersebut sehingga masyarakat tidak ikut menerima berita hoax," tegas Pujianto.

Di hari pertama para jurnalis disajikan dengan materi dari pihak Polri mengenai penanggulangan berita bohong yang hadir di media sosial (Medsos), serta perwakilan Dewan Pers memberikan masukan agar para wartawan harus bersertifikat, menjaga kode etik, dan medianya juga wajib terdaftar guna dapat terbantu dalam persoalan hukum.

Kegiatan dilanjutkan dengan materi penulisan feature, cara memberikan judul berita, tema, memviralkan, juga tehnik menulis berbagai berita.

Hari berikutnya dilakukan kunjungan kedua objek wisata sambil belajar reportase secara langsung dan akhirnya para wartawan harus menyelesaikannya dengan sebuah tulisan yang kemudian diantaranya terpilih sebagai berita terbaik.

Pada hari ketiga dilakukan kegiatan permainan yang berguna untuk melatih para wartawan agar mampu mencerna setiap sumber berita, sehingga terhindar dari persoalan hukum. Acara terakhir tersebut diisi dengan pembagian hadiah sekaligus dilakukan penutupan.

Rizal Risnul Wathan Manager Pertamina EP asset 1 dalam sambutan penutupan pada kegiatan tersebut menyampaikan," Workshop Edukasi dan penyegaran jurnalistik tahun 2019 merupakan salah satu program yang akan dilakukan setiap tahunnya," terangnya.

Adapun tujuannya memberikan Ilmu pengetahuan dan wawasan bagi peserta, sekaligus melakukan penyegaran kembali saat  berkarya, agar selalu up to date terhadap dinamika perkembangan zaman, terutama dalam menghadapi era kemajuan dunia siber.

Workshop ini adalah upaya untuk menciptakan sinergi  yang baik, tentunya bermanfaat tidak hanya bagi rekan-rekan  jurnalis, namun juga untuk operasional perusahaan sehingga dapat menjadi hembatan antara Pertamina EP  dengan para Stakeholdernya.

"Pada akhirnya nanti Pertamina EP dapat menjadi energi bagi negeri yang tumbuh bersama lingkungan dan  senantiasa memberikan manfaat bagi masyarakat, serta sebuah harapan kepada rekan-rekan jurnalis yang luar biasa untuk senantiasa dapat memberikan informasi aktual sehingga terhindar dari berita sesat, hoax juga fitnah," harap Rizal.

Rizal menambahkan, melalui workshop ini diharapkan rekan jurnalis telah berhasil menggali ilmu pengetahuan  dan wawasan dari narasumber, mentor, Tempo Institute, Dewan pers dan Bareskrim Polri, semoga dalam kerjasama berikutnya  dapat 
memberikan hal lebih baik lagi bagi kita.

Rizal Risnul Wathan yang tampil  begitu gagah, menutup sambutannya dengan teriakkan yel-yel,  siapa kita, dijawab Indonesia, dilanjutkan  Pertamina lalu disambut jaya...jaya...jaya dan akhirnya digaungkan Wartawan Sumatera dijawab peserta maju terus. (Dani9)
Editor: Mardan H Siregar

(Foto: Amnur Dani)



Komentar Anda

Berita Terkini