MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Tim Gabungan Pemko Medan Gelar Razia Terkait Pasokan Daging dan Pemotongan Hewan

harian9 author photo
Direktur Utama PD. rumah Potong Hewan Kota Medan Ainal Mardiah, SPd, MSi

MEDAN| H9
Pemerintah Kota Medan tetap serius  menegakkan Peraturan Daerah No. 11 Tahun 2014 tentang PD. Rumah Potong hewan Kota Medan. Hal itu terkait peredaran daging  yang masuk ke pasar-pasar kota Medan dan Pemotongan Hewan, agar  tetap dapat terjamin kesehatan daging hewan yang akan dikonsumsi dan  memenuhi kebutuhan masyarakat Kota Medan khususnya untuk memperoleh daging yang Aman, sehat, Utuh, Higienis dan atau Halal  

"Hal itu dibuktikan dengan melaksanakan gerakan penertiban atau razia rutin ke pasar-pasar kota Medan yang dimulai sejak Jumat 11 Juli 2019, oleh Tim Gabungan dari Pemko Medan yakni Dinas Pertanian dan Perikanan, PD. Rumah Potong Hewan, PD. Pasar Kota Medan, Satpol PP bersama TNI melaluli koramil setempat dan Polri melalui Polrestabes Medan," ucap Direktur Utama  (Dirut) Perusahaan Daerah Rumah Potong Hewan (PD. RPH) Kota Medan Ainal Mardiah, SPd, MSi bersama mewakili Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Medan drh. Tazul Arifin, selaku Penanggung jawab Gerakan Razia, di  Kantor PD RPH Kota Medan, pasca kegiatan gerakan penertiban tersebut, Sabtu (12/7/2019) di Medan.

Menurutnya, Pemerintah Kota Medan dalam hal ini Dinas Pertanian, PD. RPH Kota Medan dan PD Pasar Kota Medan merasa bertanggung jawab atas kondisi daging yang dipasok di pasar-pasar kota Medan dalam memenuhi standart aman, sehat, utuh, higienis atau halal (ASUH) sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP)  No. 95 Tahun 2012 Tentang kesehatan Masyarakat Veteriner dan Kesehatan Hewan.

"Maka pada tahun 2019 ini  PD. RPH Kota Medan bersama OPD terkait tetap melakukan penertiban dan pengawasan secara rutin terhadap pasokan daging yang hewannya di potong diluar Rumah Potong Hewan Kota Medan. Sebab sampai saat ini hanya PD. Rumah Potong Hewan Kota Medan yang diberikan sertifikasi halal oleh LPPOM MUI Sumatera Utara sebagai lembaga yang berwenang mengeluarkan sertifikasi Halal," ucap Ainal yang juga di dampingi Direktur Operasional PD. RPH Kota Medan drh, Manaon Nasution.

Dikatakannya, Gerakan Penertiban dan Penertiban daging  sudah dimulai selama dua hari ke sejumlah Pasar Kota Medan, diantaranya Pasar Kampung Lalang, Pasar Daging Sambu jalan Riau, Pusat Pasar Jalan Sutomo dan sejumlah pasar lainnya. 

"Bagi pengusaha potong dan penjual daging yang melanggar peraturan, dilakukan penindakan oleh tim Razia Gabungan. Sebab  pengusaha potong dan penjual daging yang mengikut peraturan ditandai dengan Plang Rumah Potong Hewan dan karcis dari PD. RPH Kota Medan.

Ditambahkannya, selain itu gerakan razia, PD. RPH Kota Medan dan PD Pasar Kota Medan sudah melakukan penandatangan  Nota Kesepahaman (MoU)  Tentang Kerjasama Monitoring / Pengawasan Daging Hewan Yang Dipotong di Perusahaan Daerah Rumah Potong Hewan Kota Medan dan Disuplay ke Pasar-pasar di Kota Medan di Aula Kantor PD. Pasar Kota Medan, Rabu (10/7/2019). 

"Hal itu bertujuan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya dalam menyediakan protein hewani atau daging, terhindar dari penularan bakteri penyakit hewan kepada masyarakat," ucapnya.  
       
Diimbaunya, kepada masyarakat yang menkonsumsi daging, sebaiknya masyarakat Kota Medan lebih bijaksana dalam memilih jenis daging sapi untuk dikonsumsi yang aman, sehat, utuh dan halal yang pemotongannya dari PD. RPH Kota Medan. Sebab kemungkinan gangguan atau penyakit yang terdapat pada hewan ternak seperti sapi yaitu sapi gila atau disebut dengan BOVINE SPONGIFORM ENCEPHALOPATHY atau BSE, yang akhir-akhr  berkembang biak juga dapat menular pada manusia. 

"Bahkan penularan bakteri itu bisa mengalami resiko kematian bagi manusia," ungkapnya. 

Disebutkannya, dalam mengatasi itu,  PD. RPH Kota Medan kembali memperpanjang kerjasama dengan feedloter atau importir hewan yang siap memotongkan sapinya di RPH Kota Medan dan membuka kesempatan kerjasama bagi  feedloter yang belum memotongkan sapinya di RPH Kota Medan. (01) 


Gerakan Tim Gabungan Pemko Medan dalan Penertiban dan Razia pasokan dan peredaran daging di pasar- pasar kota Medan (Foto: Riza) 

Satu regu dari Satpol PP Kota Medan  yang dikerahkan sebagai Tim Gabungan Pemko Medan Gerakan Penertiban Razia siap mengeksekusi daging yang pengusahanya atau penjualnya melanggar peraturan  yang berlaku (Foto: Riza)

   
Daging yang sempat disita oleh Tim Gabungan dalam gerakan penertiban dan razia peredaran daging di kota Medan. (Foto: Isa')  
     
Komentar Anda

Berita Terkini