MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Pemko Padangsidimpuan Salurkan Bantuan PKH Tahap III

harian9 author photo

PADANGSIDIMPUAN| H9
Wakil Walikota Padangsidimpuan Ir. H Arwin Siregar, MM, menyerahkan secara simbolik bantuan social non tunai Program Keluarga Harapan (PKH), untuk tahap III tahun 2019 kepada 5956 warga kurang di Kota Padangsidimpuan, bertempat di Aula SMK Negeri 1, Jum’at (5/7).

Penyaluran bantuan PKH non tunai itu dihadiri Anggota DPR-RI Iskan Qolba, Kepala Dinas Sosial Kota Padangsidimpuan Sofyan Subri Lubis, para Camat, Lurah dan Kepala Desa, pimpinan Perbankan serta warga penerima penyaluran non tunai.  

Bantuan yang berasal dari dari Kementerian Sosial Republik Indonesia ini diberikan secara non tunai.  Artinya bantuan itu diberikan melalui ATM bekerjasama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Wakil Ketua Komisi VIII DPR-RI DR H Iskan Qolba Lubis, MA menyampaikan sesuai dengan rapat dengan Kemensos RI, bantuan PKH ini akan tetap lanjut, karena kita ingin menjadi negara sejahtera.

“Kedepan kita juga akan akan menghadapi industri online, dengan mulai munculnya penyedia jasa online di Padangsidimpuan, Untuk itu dengan program PKH ini kita persiapkan anak-anak kita pertarungan mengarungi tantangan global,“ sebutnya.

Iskan Qolba berpesan agar pintar-pintar menggunakan uang bantuan tersebut dan mengajak seluruh penerima bantuan PKH untuk belajar menabung. Kalau untuk keperluan anak sekolah boleh uang bantuan PKH itu digunakan, sebab mereka merupakan aset untuk penerus pembangunan.

“Pergunakan bantuan ini dengan semestinya, semoga dengan adanya bantuan ini dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat dan uang yang diberikan melalui ATM itu tidak diambil semuanya. Jadi sewaktu-waktu ada kebutuhan maupun keperluan yang sangat mendesak, uang tersebut bisa diambil dari ATM,“ tuturnya.

Wakil Walikota Padangsidimpuan Ir. H Arwin Siregar, MM menyampaikan tujuan bantuan PKH ini diberikan meningkatkan kesejahteraan warga kurang mampu. Apabila warga kurang mampu itu meningkat kesejahteraannya, maka bantuan itu dapat dialihkan kepada warga kurang mampu lainnya.

“Jadi jangan beranggapan bantuan ini akan diberi seumur hidup. Untuk itu pergunakan bantuan ini sebaik-baiknya, sehingga ibu-ibu  dapat keluar dari program ini. Sebab, tujuan program ini ini diberikan untuk memutus mata rantai kemiskinan dan tentu akan sangat membantu warga masyarakat, mengingat kebutuhan masyarakat menjelang tahun ajaran baru,“ ujar Arwin.

Arwin meminta kepada para pendamping agar selalu objektifitas dalam menentukan warga kurang mampu yang berhak mendapatkan bantuan PKH tersebut, agar bantuan tersebut tepat sasaran.

“Penetapan warga kurang mampu yang berhak mendapatkan bantuan PKH jangan dilakukan atas rasa suka atau tidak suka. Penetapan harus benar-benar objektif, sehingga pemberian bantuan ini tepat sasaran,“ katanya.

Kepala Dinas Sosial Kota Padangsidimpuan Sofyan Subri Lubis melaporkan, seluruh bantuan sosial dari Kementrian Sosial akan dilakukan melalui Perbankan, termasuk bantuan PKH yang saat ini telah disalurkan.

“Untuk tahap III ini ada sebanyak 5956 KK penerima PKH yang berasal dari 6 Kecamatan, dengan jumlah dana yang disalurkan mencapai Rp.5.554.000.000.- dan untuk dana keseluruhan selama 3 tahap, total dana yang telah disalurkan telah mencapai Rp.20 milyar lebih,“ jelasnya. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar

Warga kurang mampu menerima bantuan social non tunai PKH, tahap III tahun 2019, bertempat di Aula SMK Negeri 1, Jum’at (5/7). (Foto: Riswandy)



Komentar Anda

Berita Terkini