MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

PWI Dukung Program TMMD Kodim 0212/TS Dalam Membangun Desa

harian9 author photo
PALAS| H9
Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Padang Lawas (Palas) mendukung dan mengapresiasi upaya prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam membangun Desa melalui program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) Kodim 0212/TS regular 105 tahun 2019 yang dipusatkan di Desa Hutaraja Lamo Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas (Palas).

Ketua PWI Palas H. Idham Butar-butar mengatakan, TMMD ke-105, merupakan bentuk kemanunggalan TNI dan rakyat yang memberikan manfaat besar bagi pembangunan di Desa, khususnya di Kabupaten Palas.

“Karena sejatinya wartawan dan TNI bekerja untuk rakyat. Apa yang dilakukan Dan Satgas TMMD Kodim 0212/TS reguler 105, PWI secara kelembagaan memuji karena memfasilitasi wartawan dalam mendapatkan informasi yang dibutuhkan untuk penyajian berta terkait perkembangan pembangunan melalui program TMMD, “ ujar Idham Butar-butar, Sabtu (20/7)

Disebutkannya, kegiatan yang berlangsung selama 1 bulan penuh sejak Rabu 10 Juli 2019 sampai 8 Agustus 2019 itu dinilai sangat strategis untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Hutaraja Lamo dan Desa Mondang Kecamatan Sosa Kabupaten Palas sebagai lokasi kegiatan tersebut berlangsung.

“Selama ini ada stigma bahwa pembangunan selau dipusatkan di perkotaan dan untuk di Desa selalu tertinggal. Stigma ini harus terkikis dengan serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh Kodim 0212/TS melalui program TMMD, " katanya.

Idham meyakini, kehadiran personel TNI di lokasi meski hanya berlangsung singkat (sebulan) bisa memberikan pencerahan kepada masyarakat setempat. Pasalnya, kata dia, selain melakukan kegiatan fisik, di lokasi tersebut juga dihelat berbagai kegiatan non fisik.

“Mengkombinasikan dua kegiatan ini (fisik dan non fisik) gagasan yang luar biasa, selaras dengan semboyan yang selama ini kita kenal, yaitu ‘bangunlah jiwanya dan bangunlah raganya’ dan berharap dapat membuka cakrawala masyarakat Desa terkait perkembangan kekinian, sehingga, transfer pengetahuan itu bisa meningkatkan produktivitas masyarakat, “ paparnya.

Selain itu katanya, program TMMD Kodim 0212/TS regular 105 juga senapas dengan cita-cita berbangsa dan bernegara dan menjadi benteng kekuatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dalam mewujudkan masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera.

“Desa adalah salah satu benteng kekuatan NKRI. Saat masyarakat Desa kita kuat dan sejahtera, maka NKRI pun kuat. Kemakmuran harus tumbuh mulai dari Desa. Pembangunan Desa dan Perkotaan harus seimbang. Program TMMD Kodim 0212 ke 105 kami nilai untuk merealisasikan hal tersebut, “ tegasnya.

Terpisah, Dandim 0212/TS Letkol Inf Akbar Novrizal Yusananto, SIP yang juga Dan satgas TMMD mengatakan, dukungan dari organisasi pers itu sangat penting untuk ikut menyukseskan program TMMD.

“Pers sebagai pilar keempat demokrasi perannya sangat penting. Pers adalah mata dan telinganya public, sebagai pihak yang melakukan kontrol terhadap aktivitas yang sedang kami kerjakan. Kehadiran pers justru memacu kami untuk semakin profesional merealisasikan program ini, " terang Dandim

Akbar juga mengatakan, diplihnya lokasi TMMD 105 Kodim 0212/TS di Desa Hutaraja lamo dan Desa Mondang, tidak terlepas dari informasi awal yang didapatkan dari media massa. Hubungan yang baik pihaknya dengan insan pers, turut berkontribusi dalam meningkatkan profesionalitas institusi yang dipimpinnya.

“Kami belajar dan menimba banyak informasi dari teman-teman pers. Dukungan teman-teman terhadap program TMMD 105 Kodim 0212/TS sangat berharga, kita jalin sinergitas untuk NKRI dan kesejahteraan rakyat, " tegasnya. (Wan9)


Komentar Anda

Berita Terkini