MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT# Walikota Medan Kena OTT, Ini Kata KPK # Selain Eldin, Kadis PU, Protokoler dan Ajudan Kena OTT # Gubsu Edy Tanggapi Soal Walikota Medan Kena OTT # KPK Minta "And" Asal Medan Segera Serahkan Diri # Walikota Medan Kena OTT, Dengan Linangan Airmata Akhyar Menanggapinya#

Satgas TMMD dan DLHK Palas Berikan Contoh Peduli Lingkungan Kepada Siswa Sekolah

harian9 author photo

PALAS| H9
Dengan menggandeng Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Padang Lawas, Satuan Tugas TNI Manunggal Desa (Satgas TMMD) Kodim 0212/TS regular 105 tahun 2019 menggelar sosialisasi peduli lingkungan dan bahaya sampah kepada siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 (SMKN 1) Sosa Kabupaten Padang Lawas (Palas), Rabu (24/7).

Perwira Seksi Teritorial (Pasi Ter) Kodim 0212/TS Lettu Inf Syaiful Abdi yang juga anggota Satgas TMMD Kodim 0212/TS mengatakan, kegiatan yang digelar di aula SMKN 1 Sosa ini dalam rangka kegiatan non fisik TMMD Kodim 0212/TS regular 105.

“Tujuannya untuk mengajak masyarakat desa sasaran TMMD untuk meningkatkan kepedulian terhadap lingkungannya masing-masing dan juga memahami betapa bahayanya sampah bila dibiarkan begitu saja,“ terang Syaiful.

Menurutnya, persoalan sampah yang disosialisasikan ini bertujuan memberikan pemahaman kepada siswa sebagai generasi penerus tentang bahaya sampah yang dapat merusak lingkungan hidup. Menjaga kebersihan lingkungan sangat penting dalam melestarikan lingkungan dari pencemaran.

“Melalui sosialisasi ini, generasi penerus bangsa diharapkan dapat mengimplementasikan di tengah masyarakat bahwa sangat penting menjaga lingkungan dari berbagai sampah buangan rumah tangga dan lainnya,“ ungkap Pasi Ter.

Ia berharap dengan adanya sosialisasi ini ke depan seluruh masyarakat akan lebih peduli lagi terhadap lingkungannya masing-masing, terutama tentang bahaya sampah yang bisa menimbulkan penyakit.

“Karena, kalau lingkungan bersih tentu memberikan rasa nyaman dan terhindari dari berbagai macam serangan penyakit. Sebaliknya, kalau lingkungan kotor berdampak kumuh dan menjadi ancaman bahaya bagi kehidupan manusia. Di mana, segala bentuk kuman penyakit akan mudah menyebar sehingga warga rentan terserang penyakit,” paparnya.

Sementara, Ali Safrin dari DLHK Kabupaten Palas yang tampil sebagai narasumber mengatakan, pihaknya mendukung kegiatan non fisik TMMD denan menggelar sosialisasasi kepedulian lingkungan dan bahaya sampah dan cara pengolahannya.

Ia mengajak para siswa agar tidak membuang sampah sembarangan, karena dapat mencemari lingkungan, tapi mari kita jaga lingkungan dengan memanfaatkan sampah menjadi yang berguna seperti diolah menjadi pupuk.

“Sampah juga bisa diolah menjadi pupuk non organic dan dengan memanfaatkan sampah menjadi pupuk, maka kita juga sudah memelihara lingkungan kita, baik di sekolah maupun di lingkungan masyarakat dan kita juga dapat mencegah pemanasan global,” katanya.

Ali Safrin juga mengajak para siswa sekolah untuk bisa memperhatikan kebersihan tempat tinggal masing-masing serta lingkungan disekitarnya sehingga tercipta lingkungan hidup yang bersih dan sehat ini, akan lebih mendorong masyarakat untuk menciptakan lingkungan bersih dan sehat.

“Diharapkan melalui kegiatan ini bisa memberikan kesadaran masyarakat tentang kebersihan lingkungan karena kebersihan adalah sebagian daripada Iman dan diharapkan dengan kesadaran masing-masing perorangan dapat membuang sampah organiknya ditempat yang sudah disediakan,“ imbuhnya. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar

Pasi Ter Kodim 0212/TS Lettu Inf Syaiful Abdi yang juga anggota Satgas TMMD Kodim 0212/TS memberikan paparan pada sosialisasi peduli lingkungan dan bahaya sampah kepada siswa di SMKN 1 Sosa dalam rangka program non fosik TMMD regular 105 tahun 2019 di Kabupaten Palas, Rabu (24/7). (Foto : Riswandy)



Komentar Anda

Berita Terkini