MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT* SELURUH JAJARAN PEMIMPIN UMUM, PEMIMPIN REDAKSI, WARTAWAN DAN KARYAWAN HARIAN9 Mengucapkan Selamat Berbahagia atas Resepsi Pernikahan WIWID WIDODO dan NANI AFRIDA br GINTING, SH. Semoga menjadi keluarga yang sakinah mawaddah wa rahmah"

Sukses Ekspor Ke Kanada, Kemendag Beri Penghargaan Kepada UKM Produsen Sepatu dan Pakaian Jadi

harian9 author photo

BANDUNG| H9
Setelah mengikuti serangkaian program pembinaan para pelaku usaha produk alas kaki dan pakaian jadi telah berhasil menarik perhatian pasar Kanada dan pasar tujuan ekspor lainnya.

Kesuksesan tersebut tidak lepas dari pembinaan untuk dapat melalukan ekspor yang difasilitasi oleh Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional (DJPEN), Kementerian Perdagangan bersama Pemerintah Kanada dalam Indonesia-Canada Trade and Private Sector Assistance (TPSA) Project yang berlangsung dari tahun 2014-2019.

"Program pembinaan yang dilakukan TPSA Project kepada calon eksportir sangat memberi manfaat dalam hal peningkatan produksi, pemasaran, manajemen, dan motivasi untuk maju, hal ini terbukti dari kesuksesan pelaku usaha untuk mendapatkan order dari buyer Kanada dan negara lain," jelas Marolop Nainggolan, Direktur Kerja sama Pengembangan Ekspor. 

Pemilik CV. Uniqueindo Busana Lestari selaku penerima manfaat menyampaikan bahwa walaupun awalnya amat sulit, namun pembinaan tenaga ahli TPSA kepada pelaku usaha telah membuahkan hasil pengembangan usaha dalam hal manjemen, efisiensi produksi, dan strategi pemasaran untuk kemajuan perusahaan.

(Foto: kemendag)

Direktur Marketing PT Venamon menuturkan bahwa pendampingan yang dilakukan tenaga ahli TPSA Project sangat membangun bagi bisnis Venamon. Hasil dari pembinaan TPSA Project telah membuat  PT Venamon berhasil menarik minat calon buyers bukan hanya dari Kanada, tetapi juga dari negara di kawasan lainnya seperti Timur Tengah, Afrika, dan Asia. 

"Pelatihan dan pembinaan yang dilakukan TPSA Project telah menjadi kunci sukses bagi kami untuk melirik pasar global yang sangat besar," ujar perwakilan PT. Venamon. 

Sementara itu, pemilik usaha pakaian jadi PT. World KNK Internasional mengungkapkan bahwa melalui project TPSA, perusahaan dapat memperoleh pengetahuan bagaimana menjalin komunikasi dan negosiasi dengan calon buyers sehingga mampu untuk melakukan ekspor secara langsung tanpa melalui perantara. 

"Kemendag akan terus berupaya untuk menjalin kerja sama dengan beberapa institusi di beberapa negara untuk mendukung pengembangan ekspor yang dilakukan para pelaku usaha Indonesia," tambah Marolop.

(Foto: kemendag)

TPSA merupakan proyek kerja sama Indonesia-Canada, Ditjen PEN-Kemendag dengan Pemerintah Kanada untuk meningkatkan perdagangan dan investasi kedua negara. Dengan akan berakhirnya project ini pada bulan Agustus 2019, Pemerintah Indonesia melalui Direktorat Kerja Sama Pengembangan Ekspor memberikan penghargaan kepada para pelaku usaha yang telah mengikuti semua program TPSA Project sampai selesai dan sukses. 

Marolop Nainggolan, Direktur Kerja Sama Pengembangan Ekspor mewakili Kementerian Perdagangan telah menyerahkan penghargaan kepada pelaku usaha binaan TPSA Project di lokasi usaha masing-masing, Juli 2019. (rel/03)
Editor: Mardan H Siregar

Komentar Anda

Berita Terkini