MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT* SELURUH JAJARAN PEMIMPIN UMUM, PEMIMPIN REDAKSI, WARTAWAN DAN KARYAWAN HARIAN9 Mengucapkan Selamat Berbahagia atas Resepsi Pernikahan WIWID WIDODO dan NANI AFRIDA br GINTING, SH. Semoga menjadi keluarga yang sakinah mawaddah wa rahmah"

Walikota Padangsidimpuan Terima Kunjungan Pedagang Pasar Tradisional

harian9 author photo

PADANGSIDIMPUAN| H9
Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH diwakili Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Padangsidimpuan H. Letnan Dalimunthe, SKM, M.Kes, menerima kunjungan audensi para pedagang pedagang pasar tradisional Sangkumpal Bonang di ruang kerja Sekda Kota di Kantor Walikota Padangsidimpuan, Senin (8/7).  

Perwakilan para pedagang yang berjumlah 10 orang dan tergabung dalam Perhimpunan Pedagang Pasar Sangkumpal Bonang (P3SB), dipimpin ketua perkumpulan Halomoan Harahap. Kehadiran mereka disambut Pj. Sekda Kota Padangsidimpuan H. Letnan Dalimunthe, SKM, M.Kes, didamping Asisten II Bidang Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Rahuddin Harahap SH. M.Hum.

Dalam audensi tersbut, Ketua P3SB Halomoan Harahap menyampaikan beberapa  aspirasi terkait dengan pembenahan pasar tradisional Sangkumpal Bonang yang kini cukup semrawut dan jorok akibat kurangnya penataan pasar sebagaimana layaknya.

“Demi kenyamanan para pedagang, kami ingin dilakukan segera penataan Pedagang Kaki Lima (PKL) yang ada di pasar Sangkumpal Bonang serta dilakukan pembagian lokasi jenis-jenis dagangan sesuai dengan tempatnya, sehingga tidak kelihatan semrawut,“ ujar Halomoan.

Menjawab aspirasi yang disampaikan para pedagang, mengatakan bahwa pembenahan pasar Sangkumpal Bonang akan dilakukan secara perlahan dan bertahap, mengingat banyaknya persoalan yang timbul amat kompleks sejaka pasar tradisional Sangkumpal Bonang tersebut berdiri.

“Kita akan membentuk tim dan koordinasi dengan instansi terkait untuk penataan pasar tersebut dan kami dari Pemerintah Kota akan  mempelajari dulu hal-hal apa saja yang menjadi persoalan mendasar dan semua pedagang yang ada di pasar Sangkumpal Bonang tanpa terkecuali harus dapat merasakan kenyamanan dalam berjualan,“ ujar Pj. Sekda.

Sekda juga mengakui kalau kondisi pasar tradisional Sangkumpal Bonang sangat kumuh, padahal aktivitas di ppasar tersebut menyangkut mata pencaharian banyak orang khususnya para pedagang dan pembeli.

“Jadi harus pelan pelan kita tata, jangan sampai ada pedagang yang dirugikan atau tersakiti akibat kebijakan kita. Untuk anggarannya kita akan pikirkan nanti, apalagi, program penataan pasar tersebut sudah masuk ke dalam visi misi Bapak Walikota untuk mewujudkan Padangsidimpuan Bersinar dan kepada pedagang untuk tetap mengikuti aturan penataan sistem berjualan,“ terangnya.

Terpisah, Anggota DPRD Kota Padangsidimpuan H. Mahmudin Nasution mengatakan, penataan pasar tradisional di Kota Padangsidimpuan harus dilakukan dengan benar.  Penataan pasar harus ada skala prioritas.

“Masyarakat masih membutuhkan keberadaan pasar tradisional. Untuk menyikapi hal ini Pemko Padangsidimpuan harus benar dalam mengelola pasar tradisional yang masih ada dan bertahan sampai sekarang,“ tegasnya. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar

Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH diwakili Pj. Sekda Kota Padangsidimpuan H. Letnan Dalimunthe, SKM, M.Kes, saat menerima kunjungan audensi para pedagang pedagang pasar tradisional Sangkumpal Bonang di ruang kerja Sekda Kota di Kantor Walikota Padangsidimpuan, Senin (8/7). (Foto: Riswandy)




Komentar Anda

Berita Terkini