MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT# Walikota Medan Kena OTT, Ini Kata KPK # Selain Eldin, Kadis PU, Protokoler dan Ajudan Kena OTT # Gubsu Edy Tanggapi Soal Walikota Medan Kena OTT # KPK Minta "And" Asal Medan Segera Serahkan Diri # Walikota Medan Kena OTT, Dengan Linangan Airmata Akhyar Menanggapinya#

Waqaf Link Sukuk, Salah Satu Instrumen Investasi Berdampak Ganda

harian9 author photo

SURABAYA| H9
Staf Ahli Bidang Pengeluaran Negara Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Suminto, mengenalkan Waqaf Link Sukuk dalam diskusi panel sesi ke-5 Annual Islamic Finance Conference (AIFC) 2019 di Ballroom Hotel JW Marriot, Surabaya (25/07).

"Saat ini kami telah mencetuskan instrumen pembiayaan Waqaf Link Sukuk. Jenis pembiayaan ini adalah hasil kerjasama dari Badan Waqaf Indonesia dan Kementerian Keuangan. Dengan menginvestasikan pokok uang waqaf di Sukuk, nominal pokoknya digunakan untuk membangun Indonesia, return setiap bulannya dipakai untuk membangun fasilitas yg bermanfaat. Inilah yang kita sebut dengan double impact. Bukan cuma satu dampaknya, tapi dua," jelasnya.

Disampaikannya, menurut kajian Urban Institute, pemerintah perlu berperan dalam pengembangan impact investment karena 3 alasan, yaitu pertama, pemerintah memiliki sumber daya yang terbatas. 

Kedua, dengan melibatkan sektor swasta, lebih besar kemungkinan untuk mendapatkan solusi-solusi inovatif, dan ketiga, pengalaman pemerintah dalam mengelola isu-isu sosial dan lingkungan bisa menjadi masukan bagi sektor swasta dalam melakukan impact investment.

Dicontohkannya, wujud nyata dari keberhasilan sistem ini adalah Rumah Sakit Mata Achmad Wardi BWI di Serang, Banten.

"Salah satu contoh yang sudah dibangun menggunakan kumpulan waqaf tunai adalah RS Mata Achmad Wardi di Serang. Ke depannya kita akan bangun lagi fasilitas yang dibutuhkan, bisa sanitasi, kesehatan, pendidikan," tukas Suminto. (kemenkeu/03)
Editor: Mardan H Siregar 

(Foto: kemenkeu)


Komentar Anda

Berita Terkini