MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Cekal Radikalisme dan Separatisme, Kodim 0212/TS Gelar Komsos Kepada Masyarakat

harian9 author photo
PADANGSIDIMPUAN| H9
Untuk nencegah dan menangkal faham radikalisme dan separatisme di kalangan generasi muda, Komando Distrik Militer (Kodim) 0212/TS  mengelar pembinaan Komunikasi Sosial (Komsos) kepadamasyarakat dan siswa SMA se Kota Padangsidimpuan TA 2019, di aula Somangkir kodim 0212/TS, Rabu (14/8).

Komsos yang mengambil tema, 'Melalui Kegiatan Pembinaan Komsos Cegah Tangkal Radikalisme Separatisme, Kita Perkokoh Mentalitas dan Pemahaman Ideologi Pancasila, Dalam Rangka Mewujudkan Alat Juang Pertahanan Yang Tangguh', diikuti 80 orang peserta, dihadiri Dandim 0212/TS Letkol Inf Akbar Nofrizal Yusananto, SIP diwakili Kasdim 0212/TS Mayor Inf Deddi Iskandar, Sekretaris MUI Tapsel M. Harahap, MUI Kota Padangsidimpuan H. Labuhan Harahap,MA, Kabid Penyuluhan pada Dinas Pertanian Kota Padangsidimpuan Masbulan Nasution, pimpinan OKP dari FKPPI, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, Babinsa Koramil 02, 11, 18 dan Babinsa Koramil 19.

Dandim 0212/TS Letkol Inf Akbar Nofrizal Yusananto, SIP dalam sambutan yang disampaikan Kasdim 0212/TS Mayor Inf Deddi Iskandar mengucapkan terimakasih atas kehadiran peserta pembinaan  Komsos, yang mana kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan hubungan silaturahmi antara seluruh elemen bangsa, serta mempererat hubungan kekeluargaan dengan seluruh lapisan masyarakat sekaligus sebagai wahana untuk saling memberikan informasi tentang perkembangan lingkungan di wilayah Teritorial Kodim 0212/TS.

“ Dengan giat pembinaan Komsos cekal radikalisme dan separatism Kodim 0212/TS, juga bertujuan untuk membina ketahanan mental masyarakat terhadap pengaruh radikal dan separatis, karena, sebagai aparat pemerintah untuk melaksanakan tugas sebagai pelayan masyarakat yang baik, sehingga masyarakat menjadi senang dan aman dengan adanya kita di sini, “ ujar Kasdim

Dikatakannya, dalam meningkatkan pengawasan dan deteksi dini terhadap gerakan kelompok yang mengarah pada radikalisme, terutama yang sudah dilarang,sedangkan kepada anak muda, jangan mudah terpengaruh terhadap isu isu yang tidak benar dan diharapkan bisa membangun bangsa dan negara sehingga lebih maju.

 “ Komsos cekal radikalisme dan separatism dilaksanakan untuk menjalin hubungan yang harmonis dengan seluruh komponen bangsa, dalam rangka terwujudnya saling pengertian dan pemahaman tentang peran, fungsi dan tugas masing-masing, bahkan diharapkan mampu mewujudkan suatu kemampuan komponen bangsa dalam ikut mengantisipasi dan mencegah terhadap muncul atau masuknya paham radikalisme atau separatisme dalam perkembangan kondisi sosial yang pesat, sehingga sedini mungkin dapat menghindari munculnya berbagai permasalahan yang akan terjadi di lapangan, “ katanya.

Menurutnya, mengantisipasi dan mencegah terhadap muncul atau masuknya paham radikalisme atau separatisme dalam perkembangan kondisi sosial yang pesat, kata dia perlu diantispasi sedini mungkin supaya dapat menghindari munculnya berbagai permasalahan yang akan terjadi di lapangan.

“ Radikalisme, baik kanan ataupuan kiri merupakan satu kelompok yang bertentangan dengan Pancasila dengan menggunakan kedok agama. Biasanya mereka menggunakan simbol-simbol tertentu.  Untuk itu diharapkan agar masyarakat mewaspadai kelompok tersebut, “ tegasnya.

Sementara itu, Sekretaris MUI Tapsel Macyuddin Harahap, mengatakan siap mendukung kegiatan Kodim 0212/TS tentang cekal radikalisme untuk mencegah paham tersebut masuk di wilayah Tabagsel.

“ Diharapkan anak anak pelajar jangan sampai terpengaruh dengan paham radikalisme dan separatism tersebut. Kita harus tetap mengawasi mereka dimana pun mereka berada, dengan kegiatan ini kita bisa mengambil yang positif untuk tidak terpengaruh hal yang negatif di luar sana, “ tutur Macyudin Harahap.  (Wan9)

Dandim 0212/TS Letkol Inf Akbar Nofrizal Yusananto, SIP diwakili Kasdim 0212/TS Mayor Inf Deddi Iskandar saat memberikan paparan pada acara pembinaan Komsos kepada masyarakat dan siswa SMA se Kota Padangsidimpuan TA 2019, di aula Somangkir kodim 0212/TS, Rabu (14/8). (Foto : Riswandy)


Komentar Anda

Berita Terkini