MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT* SELURUH JAJARAN PEMIMPIN UMUM, PEMIMPIN REDAKSI, WARTAWAN DAN KARYAWAN HARIAN9 Mengucapkan Selamat Berbahagia atas Resepsi Pernikahan WIWID WIDODO dan NANI AFRIDA br GINTING, SH. Semoga menjadi keluarga yang sakinah mawaddah wa rahmah"

Dorong Peningkatan Pengelolaan Lingkungan, CSR Dan pencegahan Karhutla, Pemkab Paluta Kunjungi PT ANJ Agri Binanga

harian9 author photo
PALUTA| H9
Untuk mendorong perbaikan dan peningkatan dalam pengelolaan lingkungan hidup, penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) serta penyaluran program coorporate social responsibility (CSR) perusahaan, Pemerintah kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) melalui bagian ekonomi dan sumber daya alam kunjungi perusahaan perkebunan kelapa sawit PT Austindo Nusantara Jaya Agri Binanga di daerah kecamatan Simangambat, Selasa (13/8).

Rombongan dipimpin oleh kepala bagian ekonomi dan SDA pada Setdakab Paluta Indra Syahputra Nasution SSTP bersama staff, pihak Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Paluta, Satpol PP, camat Simangambat Malim Lubis SSTP yang disambut oleh asisten Manajer Suistanable PT ANJ Agri Binanga Wirya Sahputra didampingi Hengki Napitupulu beserta sejumlah staff.

Kabag Ekonomi dan SDA Indra Syahputra Nasution SSTP dalam arahannya menyampaikan bahwa tujuan utama kunjungan dan peninjauan ini adalah untuk mengevaluasi pengelolaan lingkungan, penyaluran CSR serta langkah dan upaya dalam penanggulangan Karhutla.

Selain itu, kunjungan ini juga diharapkan dapat mendorong pihak perusahaan agar lebih baik dan meningkatkan dalam hal pengelolaan lingkungan, CSR dan program kinerja lainnya yang menyangkut kondisi sosial masyarakat.

“Untuk evaluasi pengelolaan lingkungan, penyaluran CSR dan Karhutla yang telah dilakukan sekaligus mendorong dalam hal peningkatan kinerja dalam bidang tersebut,” ungkapnya.

Selain melakukan peninjauan, ia juga mengatakan bahwa dalam kunjungan ini pihaknya juga meminta laporan dan rekapitulasi dari pengelolaan lingkungan dan penyaluran CSR serta upaya dalam penanggulangan Karhutla di wilayah Simangambat.

Untuk itu, dengan adanya koordinasi dan peninjauan ini diharapkan dapat memberikan dorongan untuk peningkatan kinerja sehingga keberadaan perusahaan PT ANJ Agri kebun Binanga bisa membawa manfaat khususnya meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan, PAD, pajak dan perekonomian daerah kabupaten Paluta pada umumnya.

Senada, camat Simangambat Malim Lubis SSTP juga menyampaikan agar pihak perusahaan yang selama ini cukup baik dalam pengelolaan lingkungan dan penyaluran CSR terus berupaya meningkatkannya untuk kemajuan daerah.

Karena itu, ia berharap agar pihak PT ANJ Agri Binanga dapat terus mengupayakan peningkatan pengelolaan segala bidang dengan terus memperhatikan kesejahteraan masyarakat disekitar perusahaan dan turut membangun daerah kabupaten Paluta.

“Kami cukup mengapresiasi sistem pengelolaan lingkungan, penyaluran CSR dan pencegahan Karhutla yang dijalankan PT ANJ selama ini cukup baik dan kami harap dapat terus ditingkatkan dalam segala bidang,” harapnya.

Sementara itu, asisten Manajer Suistanable PT ANJ Agri Binanga Wirya Sahputra didampingi Hengki Napitupulu dalam penjelasannya menyampaikan sejumlah program dan sistem yang dilaksanakan oleh pihak PT ANJ Agri dalam hal pengelolaan lingkungan hidup dalam hal ini limbah B3 yang pengelolaan diutamakan dengan sistem ramah lingkungan.

Sebab katanya, sistem ini sejalan dan sesuai dengan visi yakni menjadi perusahaan pangan dan energi terbarukan kelas dunia yang meningkatkan citra bangsa Indonesia dengan misi berkomitmen menghasilkan produk berkualitas, ramah lingkungan dengan berpegan teguh pada tata kelola yang baik untuk mencapai kinerja unggul mewujudkan kesejahteraan karyawan serta menjadikan masyarakat sebagai mitra setara.

“Sistem pengelolaan yang kita laksanakan itu mengutamakan program ramah lingkungan termasuk mengupayakan pengurangan emisi dalam setiap proses produksi dan pengelolaan limbahnya,” jelasnya sambil menunjukkan sejumlah sistem pengelolaan lingkungan yang dilakukan oleh perusahaan.

Terkait penyaluran program CSR, ia menyebutkan bahwa pihak PT ANJ Agri Binanga melakukan penyaluran dalam berbagai bidang diantaranya bidang kesehatan, agama, kebudayaan, perekonomian dan sosial serta sejumlah bidang lainnya yang pelaksanaannya terus ditingkatkan setiap tahunnya.

Kemudian, untuk upaya penanggulangan Karhutla dan pemeliharaan lingkungan hidup, pihak perusahaan juga melaksanakan sejumlah program diantaranya penghijauan di sempadan sungai, pembuatan hutan hijau untuk habitat tanaman hijau dan satwa, sosialisasi penanggulangan karhutla, pembelajaran pencegahan karhutla, penetapan aturan kerja terhadap karyawan yang safety dan ramah lingkungan dan sejumlah program lainnya.

“Kita akui masih banyak kekurangan selama beraktivitas dan kami terus berupaya memperbaiki dan meningkatkannya. Kami kohon dukungan dan kerjasama dari semua pihak khususnya Pemkab Paluta demi kemajuan perusahan, kesejahteraan masyarakat dan pembangunan daerah,” tambahnya.

Pantauan, pihak Pemkab Paluta melakukan evaluasi dan peninjauan terhadap rekapitulasi pelaksanaan program perusahaan serta melakukan peninjauan langsung kelapangan khususnya pengelolaan limbah dan penyaluran CSR serta program penanggulangan dan pencegahan Karhutla yang dilaksanakan oleh pihak PT ANJ Agri Binanga.(Kadek9)
Komentar Anda

Berita Terkini