LARISPA


MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT# DIJUAL SEBIDANG TANAH DI DISKI KECAMATANG SUNGGAL KABUPATEN DELISERDANG, UKURAN 12M x 18M, SK CAMAT HARGA Rp. 100JUTA, BERMINAT HUBUNGI 081370413190 (WAK SU)

Kebakaran Lahan Kembali Terjadi Di Kecamatan Batang Onang

harian9 author photo

PALUTA| H9
Sedikitnya 50 hektar lahan terbakar hangus akibat kebakaran lahan yang terjadi di Desa Batu Pulut, Kecamatan Batang Onang, kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), Rabu (7/8). 

Kordinartor Manggala Agni wilayah Paluta, Goniman Siregar mengatakan, seluas kurang lebih 50 hektar lahan yang terbakar di Kecamatan Batang Onang merupakan tumbuhan semak belukar dan anak kayu. 

“Api diduga akibat adanya aktivitas pembukaan lahan. Api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 14.00 Wib dengan bantuan anggota Koramil 07 Sosopan, Polsek Sosopan, tim Manggala Agni dan dibantu masyarakat dengan memakai peralatan manual (Kepyok, Jetsuter)," terang Goniman kepada awak media, Rabu (7/8).

Untuk itu, diminta kepada masyarakat supaya tidak membakar lahan sembarangan apalagi dimusim kemarau seperti sekarang ini. 

Pasalnya, aktivitas pembakaran lahan yang dilakukan warga yang membuka lahan perkebunan sangat berbahaya karena bisa merambat ke daerah lain hingga mengakibatkan kebakaran lahan yang semakin meluas.

Sementara, Kapolsek Sosopan AKP HS Batubara yang ikut turun langsung ke lokasi kebakaran lahan meminta tegas kepada masyarakat supaya tidak melakukan pembakaran lahan sembarangan. 

Dijelaskannya, terkait kebakaran lahan dan hutan ini sudah sering diingatkan dan diberi himbauan. Baik itu melalui surat edaran kepada aparat pemerintah desa maupun pihak kecamatan. Gunanya agar warga tidak sembarangan melakukan pembakaran lahan ketika membuka lahan perkebunan.

"Bila kebakaran hutan terjadi, yang rugi kita juga. Untuk itu, marilah bersama-sama menjaga lingkungan. Jangan sampai melakukan pembakaran lahan tanpa pengawasan yang ketat. Kita harus ingat, selain merugikan diri sendiri, hal itu juga berdampak ke masyarakat luas," pintanya. (Dek9)
Editor: Mardan H Siregar

 
Anggota Koramil 07 Sosopan, Polsek, Manggala Agni dan masyarakat memadamkan api menggunakan alat manual, Rabu (7/8). (Foto: Akhir S Rambe)

Komentar Anda

Berita Terkini