MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Koptu Prayetno Melaksanakan Tugas Negara Dari Ujung Teritorial ke Ujung Teritorial

harian9 author photo

PALAS| H9
Ada sosok menarik dalam pelaksanaan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 0212/TS regular 105 tahun 2019 yang dipusatkan di Desa Hutaraja Lamo Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas (Palas)

Adalah Koptu Prasetyo, salah satu personil Bintara Pembina Desa (Babinsa) 17/Natal yang merupakan wilayah teritorial paling ujung yaakni berbataskan dengan Samudra Indonesia, dipercaya oleh pimpinan untuk melaksaakan tugas negara juga di wilayah Teroterial Kodim 0212/TS paling ujung juga yakni berbataskan dengan Propinsi Riau.

Ia ikut bergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) TMMD Kodim 0212/TS dan diberi tugas langsung oleh Dandim 0212/TS selaku Dan Satgas TMMD regular 105 untuk membantu menyelesaikan jalan rabat beton yang berkaitan dengan program TMMD.

Dalam kegiatan pekerjaan sasaran fisik yang saat ini sedang focus pada kegiatan pembangunan jalan cor rabat beton sepanjang 506 meter tersebut, sosok Koptu Prayetno yang bisa sebagai ‘guru’ bagi personel Satgas TMMD untuk pekerjaan konstruksi cor rabat beton.

Koptu Prayteno, yang turut membantu dalam penyiapan adukan bahan material, sangat piawai dan mempunyai keahlian khusus terkait masalah teknis meratakan cor rabat beton. Selain itu, dia cukup teliti membuat takaran campuran adukan pasir, batu koral, semen dan takaran air untuk diaduk dengan molen (mesin pengaduk material) agar sesuai secara kualitas, sebelum dituangkan ke badan jalan yang akan di cor.

Dari tugas inilah akhirnya anggota Satgas TMMD dapat belajar banyak tentang campuran adukan dan tata cara pembuatan adukan untuk jalan cor rabat beton melalui program TMMD Kodim 0212/TS regiuler 105 tahun 2019, yang direncanakan akan ditutup pada tanggal 8 Agustus 2019 mendatang.

Di tenuai di sela-sela pengecoran badan jalan Hutaraja Laomo, Sabtu (4/8), Koptu Prayetno mengaku sangat senang dan bangga melaksanakan tugas dan memiliki andil dalam program TMMD ke 105 di Desa Hutaraja Lamo.

“ Saya sangat senang dan bangga bisa memberikan tenaga dan fikiran saya untuk mendukung Program TMMD Kodim 021/Tapsel, disamping tetap memonitor wilayah desa binaan saya di Desa Siulang-aling Kecamatan Muara Batang Gadis Kabupaten Mandailing Natal (Madina), “ tuturnya.

Sekedar diketahui, kegiatan TMMD Kodim 0212/TS regular 105 di Desa Hutaraja Lamo Kabupaten Palas sebahagian telah masuk tahap penyelesaiaan, seperti pembukaan badan jalan sepanjang 4200 meter lebar 8 meter yang pekerjannya sudah selesai 100 persen, pengerasan badan jalan panjang 3694 meter lebar 5 meter dengan ketebalan lapisan 20 centimeter mencapai 89 persen.

Kemudian pembuatan drainase bahu jalan panjang 8400 meter telah mencapai 95 persen, pembangunan jembatan plat deker 2 unit 95 persen, pemasangan gorong-gorong sebanyak lima titik capai 95 persen. Terakhir, pemotongan pohon untuk lintasan jalan sebanyak 455 batang tuntas 100 persen. (Wan9)


Komentar Anda

Berita Terkini