MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Ribuan Ummat Islam Sholat Idul Adha Di Mesjid Raya Al-Abror Padangsidimpuan

harian9 author photo
PADANGSIDIMPUAN| H9
Dibawah cuaca yang cukup cerah, ribuan ummat Islam membanjiri lapangan Mesjid Raya Al- Abror Jalan Mesjid Raya Kota Padangsidimpuan dalam rangka pelaksanaan shalat Idul Adha 1440 H / 2019 M, Minggu (11/8).

Shalat Idul Adha di mulai tepat pada  pukul 07.30 Wib, bertindak sebagai Imam H. Asrul Anwar Dalimunthe dan khutbah oleh Ustadz H. Ritonggi Hasibuan, MA, dihadiri Walikota Padangsidimouan Irsan Efendi Nasution, SH, Wakil Walikota Ir. H Arwin Siregar, MM, Kapolres Padangsidimpuan AKBP. Hilman Wijaya, SIK, MH, Pj. Sekda Kota Padangsidimpuan H. Letnan Dalimunthe, SKM, M.Kes, Ketua TP PKK Kota Padangsidimpuan Ny. Derliana Irsan Efendi, para pejabat Pemko Padangsidimpuan, pejabat Polres Kota Padangsidimpuan, para ulama, tokoh agama, tokoh masyarakat dan jamaah sholat Idul Adha.

Dalam khutbahnya, Ustadz H. Ritonggi Hasibuan, MA mengajak ummat Muslim untuk selalu  meneladani sifat Nabi Ibrahim AS yang atas perintah Allah SWT nabi Ibrahim rela mengorbankan anak kandung nya Nabi Ismail AS.

“ Semakin tinggi iman seseorang maka semakin berat ujian agamanya dan apa yang dilakukan Nabi Ibrahim AS atas perintah Allah SWT adalah dengan melakukan pengorbanan yang harus dikaksanakan atas printah Allah SWT, “ ujar Ustadz Maratonggi.

Diuraikan, bahwa ibadah kurban sifatnya sangat khusus karena mengandung nilai sejarah, dimana Nabi Ibrahim AS diperintahkan Allah SWT untuk mengorbankan Nabi Ismail AS, yang kemudian diganti dengan domba. Sifat khusus lainnya adalah karena ibadah kurban hanya dapat
dilakukan pada waktu tertentu yakni pada hari raya Idul Adha atau tiga hari sebelumnya.

“ Dengan mengingat akan pentingnya berkorban diharapkan seluruh ummat Islam dapat meningkatkan iman dan taqwa, selain itu dengan kesadaran berkurban dan apabila diterapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, maka diharapkan ummat Islam dapat saling membantu untuk mencapai taraf kehidupan yang lebih baik, “ terangnya.

Sementara Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH mengatakan, semangat kurban dapat dijadikan sebagai sarana untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan serta dapat meningkatan iman dan taqwa kepada Allah SWT.

“ Untuk lebih mengingatkan kita didalam menjalani kehidupan, paling tidak ada beberapa hal yang bisa kita petik dari khutbah ustadz Maratonggi yaitu untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, yang salah satu perintahnya adalah melaksanakan kurban karena berkurban merupakan salah satu perintah agama kita, “ ujar Irsan.

Melalui peringatan hari raya Idul Adha Walikota juga mengajak seluruh warga Kota Padangsidimpuan untuk terus memacu semangat dan memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan yang muaranya adalah untuk peningkatan iman dan taqwa kita kepada Allah SWT, agar secara kualitatif keimanan kita dapat lebih meningkat dari waktu ke waktu.

Usai menjalankan ibadah sholat Idul Adha, Walikota Padangsidimpuan menyerahkan 8 ekor hewan kurban  daroi Pemko Padangsidimpuan kepada pihak Mesjid Raya Al Abror Padangsidimpuan.  (Wan9)
Komentar Anda

Berita Terkini