MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Samakan Persepsi, PT ANJ Agri Siais Gelar Stakeholder Meeting Dengan Pemangku Kepentingan

harian9 author photo

TAPSEL| H9
PT. Austindo Nusantara Jaya (ANJ) Agri Siais yang bergerak dalam usaha perkebunan kelapa sawit, di Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) menggelar pertemuan dengan seluruh pemangku kepentingtan (stake holdermeeting) se Kabupaten Tapsel di aula Kantor Besar PT ANJ Agri Siais, Kecamatan Angkola Selatan Kabupaten Tapsel, Selasa (30/7).

Kegiatan tersebut dibuka General Manager (GM) PT ANJ Agri Siais Taufan Sibarani, dihadiri Bupati Tapsel diwakili Kadis Tenaga Kerja Amros Karangmatua Harahap, SH, anggota DPRD Tapsel Harmeni Batubara, mewakili pimpinan PT ANJ Agri Agus Tavip Sebayang, Head Officer PT ANJ Agri Tri Hidayat, Camat Angkola Selatan Dodi Kurniawan, Kepala UPT KPH X Padangsidimipuan Zulkarnain Hasibuan, Ketua KONI Tapsel Junedi, S.Pd, Ka BNNK Tapsel AKBP. Dra. Siti Aminah Siregar,  Dan Ramil Siais, Kapolpos Situmbaga, pimpoinan OPD Tapsel, Pers, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan undangan lainnya.

Pimpinan PT ANJ Agri diwakili Agus Tavip Sebayang mengatakan, tujuan dilaksanakannya stakeholder meeting sebagai ajang diskusi, mengambil solusi terkait aktivitas PT ANJ Agri Siais dengan para pemangku kepentingan di wilayah kerja PT ANJ Agri Siais.

“PT. ANJ Agri Siais mengharapkan masukan dari semua pihak, sehingga perusahaan dapat menjalankan aktivitas dengan konsep program Mitigasi dan resiko pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), sehingga menjadikan perusahaan perkebunan yang berbasis ramah lingkungan ini dapat melaksanakan kebijakan sesuai dengan peraturan pemerintah,“ ujar Agus.

Ia mengharapkan dengan kegiatan investasi perkebunan secara berkelanjutan PT ANJ Agri juga akan tetap menyesuaikan berbagai faktor seperti faktor ekonomi, stabilitas, lingkungan dan sosial, sehingga masyarakat memperoleh manfaat dari kehadiran perusahaan.

“Stakeholder meeting adalah salah satu langkah sebagai upaha dalam mensosialisasikan bahwa PT ANJ Agri menjalankan usahanya secara lestari agar bermanfaat bagi masyarakat dan pemerintah,“  ujar Agus.

Terkait anjloknya harga sawit saat ini, Agys Sebayang menceritakan bahwa faktor anjolknya harga buah sawit sehingga berpengaruh terhadap indutri perkebunan sawit dan petani sawit disebabkan perang dagang antara Cina dan Amerika, serta kebijakan Uni Eropa terhadap ekspor  CPO, karena menganggap kelapa sawit adalah komoditi yang merusak lingkungan.

“Perang dagang antara Cina dan Amerika, serta kebijakan Uni Eropa terhadap ekspor  CPO, membuat harga CPO anjlok. 7-8 tahun lalu harga berkisar 800 dollar per ton, kini sekira 450 dollar per ton, sehingga bisnis kelapa sawit saat ini suram. Harapan kita bersama, pemangku kepentingan bisa berpandangan positif dengan kondisi ini,“ harapnya.

Bupati Tapsel diwakili Kadis Tenaga Kerja Amros Karangmatua Harahap, SH, menyatakan, terkait program Corporate Sosial Responsibility (CSR) di PT ANJ Agri Siais bisa dibilang sudah cukup maju. Dengan dana CSR yang dianggarkan perusahaan untuk masyarakat, PT ANJ Agri Siais  telah menjalankan berbagai program seperti, pendidikan, kesehatan, pembangunan insfrastruktur, ekonomi masyarakat, sosial keagamaan, pengembangan UKM dan kelompok tani, dll.

Namun demikian katanya, tantangan yang dihadapi ke depan juga cukup berat yakni untuk merubah budaya yang kurang disiplin menjadi budaya disiplin serta budaya untuk senantiasa menjaga kesehatan dan keselamatan kerja.

“Lebih dari itu, program CSR yang ditujukan untuk masyarakat lokal di sekitar perkebunan harus didekati dan diawali dengan prinsip keterbukaan dan semangat kebersamaan membangun wilayah baik di internal manajemen perusahaan maupun di masyarakat dan pemerintah daerah,“ ujar Amros.

Anggota DPRD Tapsel Harmeni Batubara mengakui kalau PT ANJ Agri Siais merupakan perusahaan yang masih berkomitmen untuk menjaga lingkungan dengan melestarikan kawasan hutan, baik di dalam areal perkebunan itu sendiri maupun di luar lokasi  perkebunan.

“Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit, PT. ANJ Agri Siais yang berlokasi di Kecamatan Angkola Selatan Kabupaten Tapsel ini diharapkan semakin giat dan terus melakukan berbagai program dengan tetap menjaga lingkungan,“ katanya.

Camat Angkola Selatan Dodi Kurniawan meminta PT ANJ Agri Siais memperhatikan kepentingan masyarakat Angkola Selatan dengan meningkatkan berbagai program pembangunan di Angkola Selatan.

“Menjalin komunikasi dengan masyarakat Angkola Selatan agar masyarakat tidak mudah di pecah belah oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. Mari kita sama-sama bergandeng tangan untuk kemajuan Kecamatan Angkola Selatan,“ ajaknya.

GM PT ANJ Agri Siais Taufan Sibarani dalam presentasenya menyampaikan, PT. ANJ Agri tetap menjaga komitmen dan konsisten menjalankan kriteria-kriteria yang diisyaratkan serta tetap menjalankan program perusahaan untuk bekerja secara baik, berstruktur, berproses yang baik, berkomitmen tinggi dan memberi makna bagi orang lain.

“Program ini salah satu upaya meningkatkan hubungan kemitraan dengan masyarakat yang sejalan dengan program PT ANJ Agri Siais dalam menjalankan bisnis kelapa sawit dengan memperhatikan dan menjaga faktor lingkungan. Semoga melalui stakeholder ini dapat memberikan masukan untuk kemajuan perusahaan demi kelangsungan pembangunan Tapsel,“ tuturnya.

Sementara dalam sesi tanya jawab dengan peserta stake holder meeeteng Taufan Sibarani menjelaskan, PT ANJ Agri yang memiliki visi, menjadi perusahaan pangan dan energi terbarukan kelas dunia dalam meningkatkan citra bangsa Indonesia tetap taat terhadap segala peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, termasuk berbagai kelengkapan administrasi  dan perizinan.

“Selama menjalankan aktivitas, perusahaan telah banyak berbuat untuk masyarakat dan pemerintah daerah. Namun kami akui apa yang kami mengakui apa yang kami perbuat belumlah sempurna. Untuk itu kami mohon dukungan dari seluruh pemangku kepentingan baik itu pemerintah, DPRD, masyarakat dan unsure masyaraat lainnya agar cita-cita kita bersama yakni mensejahterakan masyarakat dapat terwujud,“ terang Taufan Sibarani. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar

Head Officer PT ANJ Agri Tri Hidayat, membrikan paparan pada acara stakeholder meeting di aula Kantor Besar PT ANJ Agri Siais, Kecamatan Angkola Selatan Kabupaten Tapsel, Selasa (30/7). (Foto: Riswandy)


Komentar Anda

Berita Terkini