MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Satgas TMMD Sebut Anak-Anak di Desa Sebagai ‘Tentara Cilik’

harian9 author photo
PALAS| H9
Sejumlah anak-anak Desa dengan ceria dan penuh tanya mendatangi lokasi dimana TNI berada. Jalan sore mereka terhenti saat berpapasan dengan Lettu Inf Syaiful Abdi, anggota Satuan Tugas TNI Manunggal Membangun Desa (Satgas TMMD) Kodim 0212/TS regular 105 tahun 2019 di lapangan SDN Desa Hutaraja lamo Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas (Palas), Selasa (6/8).

Melihat keramahan anggota TNI tersebut, tanpa canggung anak-anak Desa yang dikomandoi Rifki Hasibuan langsung mendekat untuk menanyakan tentang perihal kenapa TNI yang membangun desa mereka dan apa lagi yang akan dibangun.

Untuk menjawab pertanyaan anak-anak Desa yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD), Lettu Inf Syaiful Abdi memberikan pelajaran berupa latihan dengan meneriakkan slogan yel…yel ala tentara, yang disambut dengan penuh semangat oleh anak-anak dengan mengikuti arahan dan gerakan yel…yel…,  layaknya teriakan pasukan tempur.

Bahkan dengan bangga bahwa anak-anak Desa Hutaraja Lamo yang sejak adanya TMMD sangat dekat dengan TNI,mereka tak takut lagi bercengkrama dengan TNI  dan mereka semangat, antusias dalam mengikuti latihan.

“Anak-anak semua khususnya yang tinggal di Desa Hutaraja Lamo ini sebagai ‘Tentara Cilik’. Siapa Kitaaa.... tentara cilik...tentara cilik...tentara cilik Hutaraja Lamo...., “ teriak anak-anak Desa secara serentak sambil bertepuk tangan.

Usai memberikan berbagai latihan, dengan sabar dan senyuman, Letu Syaiful langsung merespon prtanyaan anak-anak Desa dan memberikan penjelasan kepada anak-anak dengan bahasa dan perumpamaan yang mudah dicerna anak seusia mereka.

Ia juga memberikan gambaran bahwa belajar tidak harus melulu diruang kelas. Kegiatan luar kelas seperti jalan dan lari sore serta berkomunikasi dengan teman-teman sebaya juga sangat bagus untuk lebih mengenal lingkungan serta menjalin silaturrahmi.

“Kalian adalah anak bangsa yang cerdas, maka saya beri tugas untuk menjawab berbagai pertanyaan mulai dari mengucapkan Pancasila, menyanyikan lagu Indonesia Raya, serta belajar berhitung dan baris berbaris, “ ujar Lettu Syaiful kepada anak-anak Desa.

Lettu Saiful Abdi mengatakan bahwa pelatihan tentara cilik tersebut dalam rangka melatih anak-anak untuk disiplin dan mematuhi apa yang disampaikan oleh komandan regunya. Selain untuk melatih anak-anak, tentara cilik ini juga nanti juga akan kita tampilkan dalam penutupan TMMD 105 yang akan dilaksanakan 8 Agustus 2019 mendatang.

Disamping itu, dengan kegiatan pemahaman seperti itu, terbukti ampuh menumbuhkan semangat anak-anak belajar, apalagi anak-anak Desa ada yang bercita-cita ingin jadi tentara dan moment ini sangat tepat untuk memacu semangat mereka.

“Disiplin yang kita tanamkan kepada anak-anak selama berlangsungnya TMMD juga saat latihan persiapan penampilan closing ceremony  dapat terus dipertahankan, dan dilanjutkan disekolah sehingga mereka mempunyai disiplin dengan demikian mereka nantinya  menjadi generasi yang disiplin dan berkarakter baik, “ tuturnya.  (Wan9)
Komentar Anda

Berita Terkini