MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Sektor Swasta Upayakan Model Baru Atasi TBC

harian9 author photo

JAKARTA| H9
Ketua Dewan Pembina Stop TB Partnership Indonesia (STPI) Arifin Panigoro mengatakan TBC juga berdampak pada sektor swasta. Pada skala makro, suatu korporasi dapat mengalami penurunan produktivitas akibat kematian prematur dan kesakitan yang dialami oleh pekerja karena TBC.

Penyelesaian masalah TBC perlu dikeroyok oleh berbagai sektor, termasuk sektor swasta. Saat ini sektor swasta tengah mengupayakan model baru dalam mengatasi masalah TBC di Indonesia.

Selain itu, Bonus Demografi yang diprediksikan menjadi generasi emas Indonesia akan berbalik menjadi bencana jika kita tidak bermitra untuk mengakhiri TBC.

''Dari sektor swasta, harus jelas bahwa kita (swasta) ini ingin bekerja sebagai pendukung pemerintah. Dari Stop TB Partnership Indonesia melihat bahwa tugas pemerintah sampai pada tahap tertentu,'' kata Arifin dalam acara Gala Dinner 'A Night in Unity' yang digelar oleh Stop TB Partnership bekerjasama dengan Kemenkes RI, Sabtu (3/8) di Jakarta.

Menurutnya, TBC ini perlu dikeroyok dan peran swasta akan banyak dalam membantu pemerintah. Di sisi lain STPI harus mencari sesuatu yang baru.

''Kita (STPI) menggandeng organisasi-organisasi yang sudah lama berjalan untuk mengatasi masalah TBC, tapi kita mencari model baru. Mudah-mudahan akhir tahun kita (STPI) sudah punya model perbaikan TBC,'' katanya.

Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Moeloek menambahkan, TBC merupakan masalah nasional dan tentu Kemenkes tidak mungkin bergerak sendiri. Tahun lalu di sidang PBB, TBC menjadi salah satu pembahasan.

''Kalau sudah menjadi pembahasan di sidang PBB artinya masalah itu harus segera diselesaikan. Kita perlu kerjasama dengan berbagai sektor untuk mengatasi masalah TBC ini,'' kata Menkes. (kemenkes/03)
Editor: Mardan H Siregar

 (Foto: kemenkes)


Komentar Anda

Berita Terkini