LARISPA


MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT# DIJUAL SEBIDANG TANAH DI DISKI KECAMATANG SUNGGAL KABUPATEN DELISERDANG, UKURAN 12M x 18M, SK CAMAT HARGA Rp. 100JUTA, BERMINAT HUBUNGI 081370413190 (WAK SU)

Walikota Padangsidimpuan Serahkan Bantuan Alat Bantu Kepada Anak Penyandang Disabilitas

harian9 author photo
PADANGSIDIMPUAN| H9
Bertepatan dengan peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2019 tingkat Pemerintah Kota (Pemko) Padangsidimpuan, Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH menyerahkan bantuan alat bantu kepada 12 orang anak penyandang disabilitas, di Alaman Bolak Padangsidimpuan, Rabu (8/8).

Pada penyerahkan bantuan alat bantu kepada anak penyandang disabilitas tersebut, Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH didampingi Wakil Walikota Ir. H Arwin Siregar, MM, Forkopimda Kota Padangsidimpuan, Ketua TP PKK Kota Padangsidimpuan Ny. Derliana Irsan Efendi, Pj. Sekda Kota Padangsidimpuan H. Letnan Dalimunthe, SKM, M.Kes, Kadis Sosial Sofyan Subri Lubis dan Kabis Sosial Syakban Hamidi Lubis, S.Sos.

Sementara alat bantu yang diserahkan tersebut masing-masing 2 buah kursi roda kepada dua orang anak yang mengalami lumpuh masing-masing atas nama, Derta Yuli Silalahi (17) warga Kelurahan Aek Tampang Kecamatan Padangsidimpuan Selatan dan Melati Dalimunthe (14) warga Desa Mompang Kecamatan Padangsidimpuan Angkola Julu.

Kemudian, 4 buah tongkat netra diserahkan kepada Ummi Nasution (13) warga Kelurahan Padangmatinggi Lestari, Imam Sayuti (16) dan Adeksi Imam sayuti (6), keduanya warga Kelurahan Silandit, Kecamatan Padangsidimpuan Selatan, Riston Hendrik (14) warga Dusun III Desa Mompang Kecamatan Padangsidimpuan Angkola Julu, 1 buah kruk kepada Novota Zulukhu (17) warga Kelurahan Losung Kecamatan Padangsidimpuan Selatan.

Untuk alat bantu dengar sebanyak 5 buah diserahkan kepada Abdul Azis dalimunthe (5), Lasmaria Hasibuan (13), keduanya warga Kelurahan Losung Kecamatan Padangsidimpuan Selatan, Gaberia Mediawati (12) warga Jalan Teuku Umar Kelurahah Losung  Kecamatan Padangsidimpuan Selatan, Juliana Harahap (18) dan Sahrial Harahap (13), keduanya warga Desa Butubola Simatohir Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua.

Usai menyerahkan bantuan, Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH mengatakan,dalam mewujudkan pemenuhan hak-hak anak, salah satunya diperlukan aksi-aksi yang nyata oleh pemerintah dan segenap komponen masyarakat.

Oleh sebab itu, ia mengajak dan mengimbau kepada segenap komponen masyakat, lembaga dan dunia usaha untuk bersama-sama melakukan keberpihakan yang dapat direalisasikan dengan menjalankan program-program yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung terhadap penyandang disabilitas.

Ia berharap semoga bantuan yang telah diberikan bisa dimanfaatkan dan membantu masyarakat khususnya anak pejyandang disabilitas, yang selama ini membutuhkan alat bantu dan bantuan diberikan untuk meringankan penderitaan para disabilitas.

“ Yang telah diberikan agar bisa dirawat, dan apabila nanti sudah tidak terpakai, agar bisa di serahkan ke pihak Desa, agar apabila ada warga lain yang membutuhkan bisa menggunakanya, jangan hanya jadi pajangan saja di rumah, “ ucap Walikota.

Disamping itu, Walikota juga meminta agar dinas terkait membuat pendataan jumlah penyandang disabilitas yang ada di Kota Padangsidimpuan. Hal itu diperlukan agar Pemerintah bisa membuatkan program, khususnya bantuan peralatan pada penyandang disabilitas tersebut.

“ Saya berharap Dinas terkait dibantu Camat, Lurah dan Kades bisa berkoordinasi dan membuat database penyandang disabilitas se-Kota Padangsidimpuan. Kalau punya data yang lengkap akan memudahkan dan membantu ketika membikin program untuk mereka, ” tegas Irsan.

Terpisah, Kadis Sosial Sofyan Subri Lubis dan Kabis Sosial Syakban Hamidi Lubis, S.Sos mengungkapkan, bantuan yang diserahkan tersebut bersumber dari APBD Kota Padangsidimpuan dan hal ini sudah selayaknya penyandang disabilitas ditempatkan pada posisi yang setara dengan masyarakat lainnya. 

“ Masih banyak dari kita yang seringkali abai dengan hal ini. Olehnya, kegiatan ini sangat penting untuk kembali menguatkan komitmen kita dalam rangka pemenuhan hak penyandang disabilitas  dan semoga bantuan ini bisa memberi manfaat dalam rangka pelaksanaan kegiatan sehari-hari, “ terang Sofyan.  (Wan9)
Komentar Anda

Berita Terkini