MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Wujudkan Harapan Pemuda Desa, Satgas TMMD Kodim 0212/TS Bangun Lapangan Volly

harian9 author photo


PALAS| H9
Untuk menjawab keinginan dan harapan masyarakat khususnya para pemuda Desa Hutaraja Lamo, Dandim 0212/TS Letkol Inf. Akbar Novrizal Yusananto, SIP selaku Komandan Satuan Tugas (Dan Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 105 di wilayah Kodim 0212/TS merealisasikan pembangunan sebuah lapangan volly yang merupakan lapangan volly pertama di Desa Hutaraja Lamo Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas (Palas), Minggu (4/8).

Pembangunan lapangan volley ini merupakan ungkapan masyarakat Desa Hutaraja Lamo agar di Desa yang dihuni sekitar 200 Kepala Keluarga tersebut bisa memiliki sebuah lapang volly dan para pemuda Desa bisa menyalurkan bakat serta hobynya melalui olahraga volly.

“ Dari cerita tokoh masyarakat, pemuda Desa Hutaraja Lamo kalau main volly itu di halaman rumah warga dan di kebun- kebun masyarakat yang belum ditanami. Itupun kalau diijinkan oleh pemiliknya. Dari cerita itu, kita berupaya bagaiman bisa menjawab kebutuhan warga masyarakat di Desa khususnya para pemuda dan melalui kegiatan TMMD, kita bangun lapangan volley di Desa Hutaraja Lamo ini, “ ujar Dandim.

Dandim menambahkan, pemuda harus berolahraga agar lebih sehat. Sehat jasmaninya sudah pasti sehat jiwa dan raga. Dengan kesehatan yang dimiliki, maka diharapkan bisa mengurangi tindakan tindakan yang tidak diinginkan yang mungkin saja dilakukan oleh pemuda.

“ Pemuda harus disibukkan dengan berolahraga, disibukkan dengan kegiatan positif, biar nggak banyak nganggur, stop duduk ngumpul- ngumpul dipinggiran jalan yang bisa memicu keonaran dan meresahkan masyarakat, ” harap Dandim.

Selain itu kata Dandim, pembangunan lapangan volley ini juga bertujuan untuk menggalang generasi muda gemar berolah raga, mengingat daerah pedalaman seperti Desa Hutaraja Lamo tersebut sarana olah raga masih sangat minim, padahal olah raga jika ditekuni dengan sungguh-sungguh akan menghasilkan generasi berprestasi.

“ Makanya melalui program TMMD reguler ke 105 ini, TNI bersama-sama dengan warga Desa melaksanakan pembangunan lapangan volley, karena sarana olah raga minim. Kita coba memfasilitasi agar generasi muda terutama dipedalaman Hutaraja Lamo ada yang berprestasi khususnya bola volley, “ ungkapnya.

Letkol Akbar menambahkan, kegiatan pembuatan lapangan bola volley merupakan salah satu sasaran fisik TMMD yang bertujuan untuk memfasilitasi kegiatan olah raga bola volley bagi warga terutama para pemuda. Karena selama ini lokasi yang digunakan kurang memadai, apalagi di musim hujan, lapangan menjadi becek dan digenangi air sehingga jika digunakan akan semakin rusak.

“ Lapangan yang sedang dibangun mulai diratakan, sehingga lapangan  layak digunakan, terutama bagi para pemuda, masalahnya selama ini lapangan apa adanya dan jika hujan becek dan tak bisa digunakan untuk berolah raga. Kita berharap dari Desa Hutaraja Lamo ini bisa muncul atlet-atlet bola volley yang handal dan tidak kalah dengan generasi yang tinggal di kota, “ ungkapnya.

Disisi lain Dandim juga berharap, kegiatan ini dapat membangun soliditas yang kokoh antara prajurit TNI dan komponen masyarakat sehingga kemanunggalan TNI dan rakyat terus dapat terbina dengan baik.

Sementara tokoh pemuda setempat S. Hasibuan (36) mengaku sangat senang dan berterima kasih kepada prajurit TNI dari Satgas TMMD  yang telah membantu membuatkan lapangan volley, sehingga para pemuda dapat menyalurkan hobinya serta diharapkan dapat mencegah kegiatan negatif terutama narkoba.  (Wan9)



Komentar Anda

Berita Terkini