MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Wujudkan Pilkades Berkualitas, Dinas PMD Paluta Gelar Sosialisasi Pilkades Tahun 2019

harian9 author photo

PALUTA| H9
Dalam rangka mewujudkan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang demokratis dan berkualitas, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) menggelar acara Sosialisasi Pemilihan Kepala Desa Tahun 2019 di Aula Serbaguna Paranginan Kecamatan Padang Bolak, Selasa (6/8).

Sosialisasi yang dibuka oleh kepala Dinas PMD Paluta H Ihpan Siregar SSos MSi diikuti oleh kepala desa dan ratusan panitia pilkades dari 169 desa yang akan menggelar Pilkades tahun 2019 serta menghadirkan narasumber yakni Sekretaris Inspektorat Daerah kabupaten Paluta Hj Marwani, kabid Pemdes pada Dinas PMD Paluta Muzni Lelo Harahap SSTP. Turut hasir camat se kabupaten Paluta.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Paluta H Ihpan Siregar SSos MSi menyampaikan sosialisasi ini bertujuan untuk memantapkan serta meningkatkan pengetahuan panitia pilkades dalam pelaksanaan pilkades nantinya.

Katanya, para panitia diharapkan dapat merencanakan, mengkoordinasi dan menyelenggarakan serta mengendalikan semua tahapan mulai dari pendaftaran, penjaringan bakal calon, penetapan calon, sampai evaluasi dan pelaporan pelaksanaan pemilihan di desa masing-masing.

“Seluruh panitia pelaksana pilkades harus bersifat mandiri dan tidak memihak, jaga netralitas dan harus mempertanggung jawabkan penggunaan biaya pemilihan Kepala Desa kepada BPD dan Kepala Desa guna dilanjutkan kepada Bupati melalui Camat setempat,” ujarnya.

Masih kata Ihpan, pengumuman dan pendaftaran bakal calon kepala desa dilaksanakan serentak di seluruh Desa yang akan melaksanakan Pilkades Tahun 2019 sesuai dengan jadwal yang ditetapkan serta panitia pilkades tidak diperbolehkan memungut biaya pendaftaran bakal calon Kepala Desa yang mendaftar.

Untuk itu, ia berharap para peserta yang merupakan panitia pilkades dapat melaksanakan tahapan pilkades hingga selesai dengan tertib dan lancar sehingga proses pelaksanaa pilkades dapat terselenggara secara demokratis dan menghasilkan kades terpilih sesuai dengan harapan masyarakat.
Senada, Kabid Pemdes Muzni Lelo Harahap yang bertindak sebagai narasumber dalam pemaparannya menyampaikan bahwa ada sejumlah tahapan dan persyaratan yang harus dipenuhi dalam pelaksanaan Pilkades.

Ia juga menyebutkan, dalam tahapan verifikasi berkas dan persyaratan calon kades tersebut, panitia pilkades harus menjaga netralitas dan tidak memihak kepada siapa pun serta harus tidak memungut biaya.

“Jaga netralitas dan laksanakan tahapan sesuai jadwal dan aturan yang sudah ditentukan,” tegasnya.

Ia berharap, melalui sosialisasi ini, panitia pilkades lebih memahami segala proses dan tahapan pelaksanaan pilkades nantinya.

Ia juga memaparkan terkait persyaratan serta hal yang harus dipenuhi dalam pelaksanaan pilkades, beberapa diantaranya yakni dalam hal bakal calon kepala desa minimal harus ada 2 orang dan maksimal 5 orang calon. Dan apabila kurang dari dua orang, panitia harus memperpanjang waktu pendaftaran selama dua puluh hari.

Namun, apabila setelah perpanjangan waktu pendaftaran bakal calon tetap kurang dari dua orang, pelaksanaan pilkades di desa tersebut akan ditunda sampai dengan pemilihan gelombang berikutnya.

Pantauan, acara juga diisi dengan sesi dialog dan tanya jawab antara peserta dengan narasumber terkait dengan proses pelaksanaan Pilkades serentak di kabupaten Paluta. (Dek9)
Editor: Mardan H Siregar 

Dinas PMD Paluta adakan sosialisasi Pilkades kepada Kades dan Panitia pilkades Tahun 2019 di Aula Serbaguna, Paranginan Kecamatan Padang Bolak, Selasa (6/8). (Foto: Akhir S Rambe) 


Komentar Anda

Berita Terkini