MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT* SELURUH JAJARAN PEMIMPIN UMUM, PEMIMPIN REDAKSI, WARTAWAN DAN KARYAWAN HARIAN9 MENYAMPAIKAN TURUT BERDUKA CITA ATAS WAFATNYA BAPAK PROF. Dr. Ing H. BJ. HABIBIE. IN SYAA ALLAH HUSNUL KHATIMAH. SEMOGA ALLAH MEMBERIKAN TEMPAT TERBAIK DI SURGA-NYA. AAMIIN"

Bupati Buka Festival Seni Qasidah Ke II Tingkat Kabupaten Paluta

harian9 author photo
PALUTA|H9
Bupati Padang Lawas Utara (Paluta) Andar Amin Harahap SSTP MSi membuka secara resmi Festival Seni Qasidah ke II tingkat kabupaten Paluta tahun 2019 yang digelar oleh Lembaga Seni Qasidah Indonesia (LASQI) kabupaten Paluta di aula serbaguna kantor Bupati Paluta, Rabu (4/9).

Kegiatan yang dijadwalkan berlangsung selama 2 hari dihadiri ketua DPRD Paluta Mukhlis Harahap SHi, Sekdakab Paluta H Burhan Harahap SH, Pabung Kodim 0212/TS Mayor Hasran Harahap, Kapolsek Padang Bolak AKP Zulfikar, Kacab Rutan Gunungtua Sangapta Surbakti, ketua MUI Paluta, Kemenag Paluta, pimpinan OPD Paluta, camat se Paluta beserta undangan lainnya.

Bupati Paluta Andar Amin Harahap SSTP MSI dalam arahannya menyampaikan bahwa sangat menyambut baik pelaksanaan festival seni qasidah yang diikuti oleh 12 kecamatan karena kegiatan ini bukan hanya menentukan grup terbaik saja tetapi juga merupakan evaluasi terhadap kegiatan pembinaan yang dilakukan tingkat kecamatan.

Katanya, seni qasidah merupakan jalan bagi seniman Islam untuk memberikan hiburan kepada masyarakat yang berisi pujian kepada Allah SWT dan penghormatan kepada nabi Muhammad SAW.

“Kegiatan kesenian ini juga dijadikan jalan dakwah sekaligus sebagai filter budaya asing yang tidak sesuai kepribadian bangsa Indonesia yang berbudaya dan menjunjung tinggi nilai-nilai moral dan akhlak,” ujarnya.

Kemudian, seni qasidah juga mempunyai fungsi ganda yaitu disatu sisi sebagai sarana hiburan dan pertunjukan rakyat, juga sebagai sarana dakwah untuk menyampaikan pesan-pesan agama dan pembangunan kepada masyarakat lewat syair lagu yang dikumandangkan dengan menggunakan apresiasi seni.

Untuk itu, ia berharap kepada seluruh peserta agar dapat tampil semaksimal mungkin dan menjunjung tinggi nilai-nilai sportifitas dan melalui kegiatan ini diharapkan syiar agama Islam dapat semakin berkibar dan berkumandang serta menghasilkan peserta terbaik yang siap tampil dalam pelaksanaan festival seni qasidah tingkat provinsi Sumut.

“Selamat bertanding kepada seluruh peserta, dan semoga seni qasidah dapat terus ditingkatkan untuk syiar agama Islam dan pesan pembangunan diseluruh wilayah kabupaten Paluta,” ucapnya.

Sebelumnya ketua panitia asisten I Saripuddin Harahap dalam laporannya menyampaikan bahwa festival seni qasidah ke II tingkat kabupaten Paluta ini diikuti oleh group nasyid putra/i tingkat remaja dari 12 kecamatan yang ada diwilayah kabupaten Paluta.

Sedangkan untuk dewan hakim dihadirkan dari Lembaga Seni Qasidah Indonesia (LASQI) provinsi Sumut yakni Wali Hasymi MSn beserta rombongan.

“Pemenang festival qasidah ini nantinya akan menjadi utusan untuk mewakili kabupaten Paluta dalam festival seni qasidah tingkat provinsi Sumut,” jelasnya.

Tambahnya, pelaksanaan festival seni qasidah ke II tingkat kabupaten Paluta tahun 2019 dijadwalkan berlangsung selama 2 hari yakni 4-5 September 2019.(Akhir9)
Komentar Anda

Berita Terkini