MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT* SELURUH JAJARAN PEMIMPIN UMUM, PEMIMPIN REDAKSI, WARTAWAN DAN KARYAWAN HARIAN9 MENYAMPAIKAN TURUT BERDUKA CITA ATAS WAFATNYA BAPAK PROF. Dr. Ing H. BJ. HABIBIE. IN SYAA ALLAH HUSNUL KHATIMAH. SEMOGA ALLAH MEMBERIKAN TEMPAT TERBAIK DI SURGA-NYA. AAMIIN"

Dinas PPKB Dan P3A Gelar Kegiatan TNI Manunggal KB Kesehatan 2019

harian9 author photo

PALUTA| H9
Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan dan mewujudkan keluarga yang sehat dan berkualitas, Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKB dan P3A) kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) bekerjasama dengan pihak Kodim 0212/TS menggelar kegiatan program TNI Manunggal KB Kesehatan tahun 2019 di aula kantor Dinas  PPKB dan P3A, Kamis (12/9).

Kegiatan dalam bentuk penyuluhan untuk peningkatan kinerja dan kerjasama tersebut mengambil tema ‘melalui kegiatan TNI Manunggal KB kesehatan, kita kendalikan jumlah penduduk untuk menuju keluarga berkualitas’ dibuka oleh Kepala Dinas PPKB dan PA Paluta Drs Hakimuddin Siregar. Turut hadir Kasdim 0212/TS Mayor (INF) D Iskandar, Pabung Kodim 0212/TS Mayor (ARM) Hasran Harahap, Danramil 05 PB Kapten CZi Pahlawan Nasution yang bertindak sebagai narasumber, Dinas kesehatan dan diikuti oleh Babinsa, kepala Puskesmas se kabupaten Paluta serta PLKB se Paluta.

Dalam sambutan Kadis PPKB dan P3A kabupaten Paluta Drs Hakimuddin Siregar menyampaikan program keluarga berencana merupakan program strategis yang harus menjadi perhatian bersama khususnya para stakeholder bidang kesehatan.

“Sebagai salah satu program strategis pemerintah, penanganannya harus dilakukan secara multi sektor dan bersinergi yang implementasinya membutuhkan penguatan kerja sama dengan mitra kerja, salah satunya dengan TNI,” ujarnya.

Katanya, kegiatan program TNI Manunggal KB Kesehatan ini juga diharapkan dapat menjadi langkah dan upaya pihak Pemkab Paluta bekerjasama dengan pihak TNI untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan serta KB untuk masyarakat.

Untuk itu, ia mengajak seluruh peserta kegiatan dan stake holder untuk bersama-sama memahami dan menyadari betapa pentingnya program KB nasional, termasuk di kabupaten Paluta.

“Meningkatnya mutu pelayanan kesehatan dan menciptakan keluarga sehat dan berkualitas diharapkan bisa tercapai melalui kegiatan TNI Manunggal KB-Kesehatan,” ucapnya.

Sementara, Dandim 0212 TS yang diwakili Kasdim 0212/TS Mayor (Inf) D Iskandar menyampaikan pelaksanaan kegiatan penyuluhan TNI Manunggal KB Kesehatan merupakan wujud nyata bakti TNI kepada masyarakat dalam bentuk kerjasama dengan Pemkab Paluta dibidang kesehatan dan keluarga berencana.

Harapannya, kegiatan Manunggal TNI KB Kesehatan ini dapat meningkatkan upaya-upaya promosi hak-hak reproduksi melalui advokasi, komunikasi, informasi dan edukasi serta fasilitasi untuk mewujudkan keluarga kecil yang berkualitas.

Senada, Pabung Mayor Hasran Harahap didampingi Danramil 05 PB kapten CZi Pahlawan Nasution yang bertindak sebagai narasumber menyampaikan bahwa program KB mempunyai arti yang sangat penting dalam upaya mewujudkan manusia Indonesia sejahtera disamping program pendidikan dan kesehatan.
Dalam pemaparannya ia juga mengatakan salah satu tujuan program ini diantaranya untuk membantu pemerintah dalam menyukseskan pembangunan nasional khususnya pada bidang kependudukan dan peningkatan kesejahteraan keluarga melalui penurunan jumlah kelahiran, meningkatkan akseptor KB, kesehatan reproduksi remaja dan kelangsungan hidup bayi dan anak, peningkatan pelayan KB bagi peserta baru dan pembinaan peserta KB aktif.

“Kita wujudkan sinergitas TNI dan Pemkab bersama stake holder dalam usaha penibgkatan kualitas kesehatan untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat kabupaten Paluta melalui kegiatan TNI Manunggal KB Kesehatan, mari kita,” katanya.

Sebelumnya, ketua panitia kegiatan TNI Manunggal KB Kesehatan yakni kepala bidang KB pada Dinas PPKB dan P3A Paluta Hj Hotnida Siregar dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja serta kerjasama antara Pemkab Paluta dan TNI dalam mewujudkan keluarga sehat dan berkualitas.

Katanya, melalui kegiatan ini diharapkan para peserta dapat lebih memahami dan meningkatkan tekad untuk mendekatkan diri dengan masyarakat demi terwujudnya keluarga yang berkualitas.(Akhir9)
Komentar Anda

Berita Terkini