MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT* SELURUH JAJARAN PEMIMPIN UMUM, PEMIMPIN REDAKSI, WARTAWAN DAN KARYAWAN HARIAN9 Mengucapkan Selamat Berbahagia atas Resepsi Pernikahan WIWID WIDODO dan NANI AFRIDA br GINTING, SH. Semoga menjadi keluarga yang sakinah mawaddah wa rahmah"

Dinsos Gelar Pelatihan Bilal Mayid se Kota Padangsidimpuan

HARIAN9 author photo
PADANGSIDIMPUAN|H9
Pemerintah Kota Padangsidimpuan melalui Dinas Sosial Kota Padangsidimpuan menggelar pelatihan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) kepada bilal mayit se Kota Padangsidimpuan, bertempat di aula Sekretariat Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Padangsidimpuan di komplek Mesjid Raya Al Abror Kota Padangsidimpuan, Kamis (12/9).

Pelatihan yang berlangsung selama dua hari dan diikuti 79 bilal mayit dari enam Kecamatan se Kota Padangsidimpuan, dibuka Wakil Walikota Padangsidimpuan Ir. H. Arwin Siregar, MM, dihadiri Wakil Ketua TP PKK Kota Padangsidimpuan Ir. Hj. Linda Arwin, Kadis Sosial Kota Padangsidimpuan Sofyan Subri Lubis dan undangan lainnya.

Wakil Walikota Padangsidimpuan Ir. H. Arwin Siregar, MM dalam sambutannya mengatakan, pekerjaan sebagai bilal mayit merupakan tugas mulia yang tidak mampu dilakukan sembarang orang sehingga dituntut untuk menguasai pengetahuan dan ilmu agama tentang pelaksanaan fardhu kifayah.

" Untuk itu, kepada seluruh peserta diharapkan benar-benar mengikuti pelatihan ini, sebab melaksanakan fardu kifayah terhadap jenazah menjadi kewajiban bagi setiap ummat Islam yang dapat diwakili oleh seorang bilal mayit, " ujar Wakil Walikota.

Dikatakannya, kewajiban umat Islam memiliki kemampuan mengurusi jenazah atau bilal mayit. Karena itu, kewajiban itu pengetahuan dan pemahaman secara utuh itulah menjadi salah satu fokus Pemerintah Kota Padangsidimpuan. 

" Saya berharap nantinya usai melaksanakan kegiatan pelatihan ini, para bilal mayyit dapat menerapkan ilmu yang diperoleh di Desa ataupun di Kelurahannya masing-masing dan menjadi bekal ilmu dalam menghadapi bila ada yang meninggal dunia di temgah masyatakat, " terangnya.

Kepala Dinas Sosial Padangsidimpuan Sopian Subri Lubis S.Sos, M.Kes menjelaskan, tujuan kegiatan itu untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman rangkaian pelaksanaan fardu kifayah yang menjadi bagian tugas seorang bilal mayit.

" Pembinaan dilaksanakan selama dua hari tersebut menghadirkan instruktur atau nara sumber berpengalaman dari Kota Padangsidimpuan dan diharapkan peserta kedepannya bisa lebih terampil dan benar dalam melaksanakan fardu kifayah, " ujarnya. (Wan9)
Komentar Anda

Berita Terkini