MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT* SELURUH JAJARAN PEMIMPIN UMUM, PEMIMPIN REDAKSI, WARTAWAN DAN KARYAWAN HARIAN9 MENYAMPAIKAN TURUT BERDUKA CITA ATAS WAFATNYA BAPAK PROF. Dr. Ing H. BJ. HABIBIE. IN SYAA ALLAH HUSNUL KHATIMAH. SEMOGA ALLAH MEMBERIKAN TEMPAT TERBAIK DI SURGA-NYA. AAMIIN"

Festival Seni Qasidah II Kabupaten Paluta Ditutup, Kecamatan Portibi Raih Juara Umum

harian9 author photo
Ketua Panitia festival seni qasidah ke II tingkat Kabupaten Paluta Saripuddin Harahap menyerahkan piala bergilir kepada Camat Portibi Gusti Harahap SSos sebagai juara umum 
PALUTA| H9
Pelaksanaan Festival Seni Qasidah ke II tingkat Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) yang digelar oleh Pemkab Paluta bersama Lembaga Seni Qasidah Indonesia (LASQI) Kabupaten Paluta ditutup secara resmi oleh Bupati Paluta Andar Amin Harahap SSTP MSi diwakili Asisten III Setdakab Paluta Anwar Benni Hasugian, Kamis (5/9).

Dalam kegiatan yang berlangsung selama 2 hari yakni Rabu-Kamis (5-6/9) tersebut, Kecamatan Portibu berhasil meraih juara umum untuk semua kategori perlombaan.

Dalam arahan Bupati Paluta Andar Amin Harahap SSTP MSi yang disampaikan oleh asisten III Anwar Benni Hasugian mengungkapkan bahwa festival seni qasidah yang dulunya bernama festival nasyid ini mempunyai peran ganda bagi umat Islam. Selain  sebagai wadah seni, kegiatan ini juga sebagai media pencerahan bagi yang melaksanakan sekaligus bagi yang mendengarkannya.

Untuk itu diperlukan perhatian dan keterlibatan serta tanggungjawab seluruh komponen masyarakat dan jajaran pemerintah , agar festival seni qasidah terus memberikan bekas dan pengaruh positif yang tampak dan dirasakan secara nyata dan terukur dalam perkembangan kehiduapan masyarakat kedepan.

Ia berharap festival seni qasidah yang ke II di Kabupaten Paluta ini terus memupuk semangat kebersamaan, bukan hanya sekadar pada saat ini, tetapi harus dapat terus diwariskan kepada generasi penerus, dalam setiap kegiatan seni bernuansa Islam, dengan demikian seni budaya nasyid akan dapat terus eksis sepanjang zaman.

Di akhir sambutannya ia mengucapkan selamat kepada seluruh peserta yang menjadi juara dan kepada peserta yang belum berhasil agar terus meningkatkan kemampuan dan menempa diri untuk terus maju dan menjadi lebih baik lagi kedepannya.

“Selamat kepada peserta yang berhasil meraih juara dan kepada peserta yang belum memperoleh juara, jangan berkecil hati, tetap semangat dan menjadi lebih baik kedepannya,” ucapnya.

Sementara, ketua panitia pelaksana yakni Kepala Bagian Kesra Jhonson Muda Siregar SSos MM dalam laporannya mengatakan bahwa pelaksanaan festival seni qasidah tingkat Kabupaten Paluta selama 2 hari ini berlangsung lancar dan sukses hingga selesai. Lanjutnya, seluruh peserta‎ yang mewakili seluruh Kecamatan di Paluta telah mengeluarkan kemampuan terbaiknya sebagai upaya untuk menjadi yang terbaik.

Katanya, berdasarkan keputusan dewan hakim yang di ketuai oleh Wali Hasmy MSn bersama anggota dewan juri lainnya memberikan penilaian kecamatan Portibi berhasil menjadi juara umum setelah berhasil meraih nilai tertinggi untuk semua kategori. 

Ia berharap agar seluruh peserta baik yang berhasil meraih juara atau yang belum berhasil meraih juara untuk terus bisa belajar dan menempa diri untuk terus maju dan menjadi lebih baik lagi kedepannya.

Terpisah, Camat Portibi Gusti Harahap SSos mengatakan, dirinya bangga atas pencapaian dari group nasyid atau seni qasidah yang dibina oleh pihak Kecamatan Portibi. Tambahnya, dirinya merasa bahwa pembinaan dan perjuangan mereka selama ini dalam membina group nasyid tersebut ternyata tidak sia-sia dan telah membuahkan hasil yang terbaik.

Katanya, anggota group nasyid kecamatan Portibi tersebut merupakan pelajar atau santri/wati yang diambil dari sejumlah pondok pesantren yang ada di kecamatan Portibi.

“Terima kasih untuk group nasyid beserta kru dan pelatih atas pencapaian kita ini. Dan semoga kita bisa meningkatkan prestasi ini dan mengharumkan nama kabupaten Paluta ditingkat provinsi hingga ke tingkat nasional nantinya,” pungkasnya.

Adapun yang menjadi juara pada festival seni qasidah ke II tingkat Kabupaten Paluta antara lain untuk kategori grup qasidah putra, juara I diraih oleh grup nasyid Portibi, juara II diraih group nasyid Padang Bolak Julu, juara III ditempati group nasyid Simangambat. Untuk kategori grup qasidah putri, juara I diraih oleh grup nasyid Dolok Sigompulon, juara II diraih kecamatan Portibi, juara III diraih kecamatan Padang Bolak.

Sementara untuk kategori vokalis terbaik putra berhasil diraih oleh kecamatan Portibi, bass terbaik kecamatan Portibi, busana terbaik putra diraih oleh Kecamatan Simangambat, ketipung terbaik kecamatan Padang Bolak Julu, ritim terbaik kecamatan Batang Onang dan juara favorit kecamatan Dolok. 

Dan untuk kategori putri, vocalis terbaik putri diraih oleh Kecamatan Portibi, bass terbaik diraih kecamatan Dolok Sigompulon, ketipung terbaik diraih kecamatan Padang Bolak, ritim terbaik diraih kecamatan Dolok Sigompulon, busana terbaik putri diraih kecamatan Dolok Sigompulon dan juara favorit diraih oleh kecamatan Halongonan Timur.(Akhir9)
Komentar Anda

Berita Terkini