MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT* SELURUH JAJARAN PEMIMPIN UMUM, PEMIMPIN REDAKSI, WARTAWAN DAN KARYAWAN HARIAN9 MENYAMPAIKAN TURUT BERDUKA CITA ATAS WAFATNYA BAPAK PROF. Dr. Ing H. BJ. HABIBIE. IN SYAA ALLAH HUSNUL KHATIMAH. SEMOGA ALLAH MEMBERIKAN TEMPAT TERBAIK DI SURGA-NYA. AAMIIN"

Gunakan CAT, Balon Kades di Sergai Ikuti Seleksi Ujian Tertulis

harian9 author photo


Kadis PMD Sergai H Ikhsan AP, M.Si memberikan pengarahan kepada para balon Kades sebelum memulai ujian tertulis menggunakan metode CAT di SMPN 1 Perbaungan.

SERDANG BEDAGAI| H9
Sebanyak 97 dari 98 orang Bakal Calon Kepala Desa (Balon Kades) di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) mengikuti seleksi ujian tertulis menggunakan metode Computer Asisted Test (CAT). 

Seleksi CAT yang digelar Dinas PMD Sergai tersebut dilaksanakan di SMPN 1 Perbaungan Kecamatan Perbaungan, Kamis (5/9/2019).

Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) H Ikhsan AP, M.Si mengatakan, ujian seleksi metode CAT yang diselenggarakan ini hanya diperuntukkan bagi Balon Kades yang Calonnya lebih dari 5 orang. Dari 122 Desa di Sergai yang menggelar Pilkades serentak, hanya 13 Desa dari 8 Kecamatan yang mengikuti ujian seleksi CAT.

"Jumlah Balon Kades yang mengikuti Pilkades serentak ini ada 432 orang, namun yang mengikuti seleksi CAT ini ada sebanyak 97 orang dan 1 orang tidak hadir. Tes CAT ini hanya diiikuti bagi Balon Kades yang calonnya lebih dari 5 orang,"ungkap Kadis PMD Ikhsan AP, M.Si.

Dijelaskan Ikhsan, bahwa tujuan dilaksanakannya ujian tertulis ini, untuk mengukur tingkat pengetahuan bagi para Balon Kades tentang Pemerintahan Desa dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, agar kedepannya dalam menjalankan Pemerintahan Desa berjalan sesuai koridor.

"Tujuannya, agar para Balon Kades memahami tentang Pemerintahan Desa dan perundang-undangan yang berlaku,"jelasnya.

Lebih lanjut disampaikan Ikhsan, bahwa selain dilakukan seleksi ujian tertulis menggunakan metode CAT, Dinas PMD juga akan melakukan seleksi tes psikometri dan wawancara. Kedua seleksi ini diperuntukkan bagi seluruh balon Kades yang mengikuti Pilkades serentak di Kabupaten Sergai.

"Selain seleksi CAT ini, ada 2 seleksi lagi yang kita selenggarakan, yakni seleksi psikometri dan seleksi wawancara. untuk seleksi psikometri kita laksanakan pada hari senin (9/9/2019) dan seleksi wawancara dilaksanakan pada hari Selasa (10/9/2019) mendatang,"pungkasnya.

Pantauan di lokasi, 97 orang Balon Kades yang mengikuti seleksi ujian tertulis menggunakan metode CAT ini dibagi menjadi 3 kelas, masing masing kelas berisi 30 orang. 

Sedangkan untuk seluruh peralatan seperti komputer dan lain lain disediakan oleh panitia pelaksana.(Budi9)
Komentar Anda

Berita Terkini