MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT* SELURUH JAJARAN PEMIMPIN UMUM, PEMIMPIN REDAKSI, WARTAWAN DAN KARYAWAN HARIAN9 MENYAMPAIKAN TURUT BERDUKA CITA ATAS WAFATNYA BAPAK PROF. Dr. Ing H. BJ. HABIBIE. IN SYAA ALLAH HUSNUL KHATIMAH. SEMOGA ALLAH MEMBERIKAN TEMPAT TERBAIK DI SURGA-NYA. AAMIIN"

Ribuan Warga Arse Gelar Pawai Akbar Sambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441-H

harian9 author photo


TAPSEL| H9
Ribuan warga Kecamatan Arse Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) menggelar pawai akbar dengan menyalakan obor, menyambut masuknya Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriyah, Sabtu (31/8).

Pawai akbar mengambil start dari balerong Pasar Arse menuju lapangan bola Kantor Camat Arse yang berjarak sekitar 2 Kilometer, diikuti para pelajar, santri, serta masyarakat muslim, dihadiri Ketua DPRD Tapsel sementara Husin Sogot Simatupang,S.Ag, Anggota DPRD Tapsel Dolly P. Pasaribu, Bupati Tapsel diwakili Camat Arse Syahruddin Perwira, TP.PKK Kecamatan Arse, Ketua MUI, Ketua BKMT, Forkompimcam, Lurah, Kepala Desa dan Kepala Sekolah se Kecamatan Arse.

Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu dalam sambutannya diwakili Camat Arse Syahruddin Perwira mengatakan, tahun ini merupakan tahun ketiga di laksanakannya pawai akbar dengan menyalakan obor di Kecamatan Arse, yang setiap tahunnya para peserta pawai mengalami peningkatan dan saat ini peserta pawai diperkirakan mencapai 5000 orang.

“ Kegiatan ini merupakan salah satu kearifan local yang kami laksanakan setiap tahunnya dalam menyambut Tahun Baru Islam. Kami juga mengadakan tanam bersama di Kecamatan Arse ini, yang mana kegiatan tersebut merupakan salah satu kegiatan cinta lingkungan, “ ujar Syahruddin Perwira.

Ia mengucapkan terimakasih kepada Ketua DPRD Tapsel sementara Husin Sogot Simatupang,S.Ag, yang merupakan putra daerah Arse, karena berkat dukungan beliau, kegiatan program keagamaan tersebut dapat terlaksana dengan baik.

“ Terimakasih atas bantuannya dan partisipasinya. Ini menjadi salah satu wadah kita bersosialisasi, tukar pikiran dan bersilaturahmi di Kecamatan Arse ini, semoga di tahun-tahun mendatang kegiatan seperti ini semakin meningkat, “ ucapnya.

Sementara Dolly P. Pasaribu mewakili DPRD Kabupaten Tapsel menyampaikan, ada dua hal yang sangat berkesan di Arse ini bagi dirinya. Yang pertama ia pernah ikut pengajian akbar di Kecamatan Arse ini dan yang kedua ketika ia melihat kaum bapak, ibu dan remaja begitu gagah dan semangat mengikuti pawai akbar tersebut.

“ Kita perlu merenung kanapa kita perlu menyambut bulan Muharram ini, karna kita sebagai ummat Islam mulai bulan Muhharram ini,  awal bulan kita Hijrah untuk intropeksi diri dari tahun kemaren menuju tahun depan yang lebih baik. Hijrah dari yang kondisi yang baik menjadi lebih baik, “ ujar Dolly.

Usai pawai akbar dengan menyalakan obor, kegiatan ditutup dengan pesta kembang api dengan disaksikan ribuan masyarakat Kecamatan Arse yang begitu antisias dalam menyambut 1 Muharram 1441 H.  (Wan9)
Komentar Anda

Berita Terkini