MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT* SELURUH JAJARAN PEMIMPIN UMUM, PEMIMPIN REDAKSI, WARTAWAN DAN KARYAWAN HARIAN9 MENYAMPAIKAN TURUT BERDUKA CITA ATAS WAFATNYA BAPAK PROF. Dr. Ing H. BJ. HABIBIE. IN SYAA ALLAH HUSNUL KHATIMAH. SEMOGA ALLAH MEMBERIKAN TEMPAT TERBAIK DI SURGA-NYA. AAMIIN"

Tingkatkan Perekonomian Rakyat, UPMI Sosialisasikan Olah Bolu Tape Bersama Ibu Ibu Desa Kedai Durian

harian9 author photo
MEDAN| H9
Meningkatkan perekonomian rakyat, maka Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia (UPMI) Kota Medan gandeng ibu ibu yang ada di Desa Kedai Durian untuk mengolah bolu tape. 

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini merupakan perwujudan pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi yang dilaksanakan oleh Dosen UPMI Medan Yaitu Khairuddin Tampubolon, Ramadhayanti Parinduri dan Muhammad Syafii. 

Sedangkan sumber Dananya berasal dari Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DRPM Dikti).

Khairuddin Tampubolon, selaku penggerak sosialisasi mengatakan tujuan UPMI dalam mensosialisasikan pembuatan bolu tape untuk pengabdian kepada masyarakat.

“Kebetulan kita melakukannya di Kelurahan Kedai Durian, Medan Johor. Kita sangat tertarik untuk mempromosikan kepada masyarakat bagaimana cara membuat bolu tape dan kita sengaja mengundang ibu penggiat UKM agar tau bagaimana membuat bolu tape dan cara gampang menjualnya,” ungkapnya belum lama ini.

Dikatakannya, ada sekitar 40 orang penggiat UKM yang turut  dalam sosialisasi ini. Puluhan penggiat UKM yang hadir begitu antusias.

“Terlihat ibu-ibu ini begitu tertarik untuk belajar cara membuat bolu tape karena gampang juga menjualnya. Saya berharap kedepan akan ada lagi kegiatan seperti ini dalam meningkatkan perekonomian rakyat,” ujarnya.

Sementara, Lurah Kedai Durian, R.H Adam Lubis mengungkapkan bahwa UKM di Medan sudah lumayan bagus, bahkan di daerahnya sudah meningkat sekitar 20 persen. 

“Dengan adanya acara sosialisasi ini, tujuannya untuk meningkatkan perekonomian rakyat. Diharapkan sosialisasi ini menjadi bahan motivasi bagi para UKM untuk meningkatkan kreativitas, bahkan yang tadinya bukan dibidang kue, dengan sosialisasi ini bisa saja menjadi tertarik untuk mencoba bisnis kue tersebut," bebernya. 

Pihaknya dan UPMI mengajak UKM cara membuat bolu tape yang dapat dijual dengan mudah. Disini tadi ada penjual gorengan, dengan ikutnya sosialisasi ini kemungkinan saja bertambah ide berjualan dengan menjual bolu tape. 

"UPMI baru tahun ini membuat sosialisasi UKM ke kelurahan kami,” pungkasnya. (Jae9)
Komentar Anda

Berita Terkini