MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT# Walikota Medan Kena OTT, Ini Kata KPK # Selain Eldin, Kadis PU, Protokoler dan Ajudan Kena OTT # Gubsu Edy Tanggapi Soal Walikota Medan Kena OTT # KPK Minta "And" Asal Medan Segera Serahkan Diri # Walikota Medan Kena OTT, Dengan Linangan Airmata Akhyar Menanggapinya#

Diduga Sekitar 22 Milyar DBH Aceh Tamiang Belum Disalurkan Oleh Pemerintah Pusat

harian9 author photo

ACEH TAMIANG| H9
Diduga belum tersalurkannya Dana Bagi Hasil (DBH) oleh Pemerintah Pusat, akibat dari hal tersebut sehingga banyak masyarakat yang memperbincangkannya dan untuk mengetahui lebih lanjut, para wartawan menemui Yusriati, SE, MSI,AK, CA di Kantor BPKD Aceh Tamiang pada Rabu (02/10/2019).

Yusriati Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Aceh Tamiang melalui Diva Syahbuana Kepala Bidang Anggaran mengatakan, "beberapa hal yang terjadi dengan dilakukannya pengurangan anggaran dalam kegiatan dan penundaan paket pekerjaan disebabkan oleh belum tersalurnya DBH oleh Pemerintah Pusat," terangnya.

Sesuai dengan surat Menteri Keuangan Republik Indonesia nomor: 153/pmk.07/2018 tentang perubahan rincian dana bagi hasil dan penyaluran kurang bayar pada tahun 2018, dengan jumlah anggaran yang belum tersalurkan sebesar Rp.22.389.411.022.

Dari total Anggaran Pendapatan Belanja Kabupaten (APBK) Aceh Tamiang tahun 2019 sebesar Rp.1.315.250.882, maka untuk menutupi kekurangan anggaran yang belum disalurkan, Pemerintah Daerah (Pemda) harus merasionalisasikan beberapa kegiatan dan pekerjaan.

"Pemda Aceh Tamiang sudah dua kali mengirimkan surat kepada Direktorat Jendral (Dirjen) Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan di Jakarta, yang berisikan tentang permohanan kepastian akan penerimaan dana kurang bayar," jelasnya.

"Terhitung dari tahun 2014 hingga 2018 DBH kurang bayar belum tersalurkan, sedangkan Pemda Aceh Tamiang telah menambahkan anggaran tersebut kedalam APBK 2019, namun karena dananya belum juga transfer, maka semuanya harus dilakukan penyesuaian sesuai keuangan yang ada," tegas Diva. (Dani 9)
Editor: Mardan H Siregar

(Foto: Amnur Dani)


Komentar Anda

Berita Terkini