MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT# Walikota Medan Kena OTT, Ini Kata KPK # Selain Eldin, Kadis PU, Protokoler dan Ajudan Kena OTT # Gubsu Edy Tanggapi Soal Walikota Medan Kena OTT # KPK Minta "And" Asal Medan Segera Serahkan Diri # Walikota Medan Kena OTT, Dengan Linangan Airmata Akhyar Menanggapinya#

Dorong Daya Saing Produk Lokal, Kemendag Dukung Program Kadin “From Local Go Global”

harian9 author photo

JAKARTA| H9
Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita menyatakan, Kementerian Perdagangan mendukung program “From Local Go Global” yang diinisiasi Kamar Dagang Indonesia (Kadin). Program tersebut merupakan salah satu upaya meningkatkan penggunaan produk-produk Indonesia, baik di dalam dan luar negeri.

Ragkaian program “From Local Go Global” berlangsung pada 6—11 Oktober 2019 di Gedung Sarinah Thamrin, Jakarta dan terselenggara atas kerja sama Kadin dengan PT Sarinah.

Program “From Local Go Global” didukung berbagai pelaku usaha lokal yang bergerak di bidang pemasaran daring dan luring. Rangkaian program kegiatan yang berlangsung meliputi bazar produk Indonesia, peresmian "Indonesia E-Commerce Marketplace Go Global", dan gelar wicara.

“Pemerintah mengajak pelaku usaha untuk bersama-sama mendukung kemajuan dan meningkatkan daya saing produk lokal agar bisa berkompetisi dengan produk impor,” ujar Mendag saat meresmikan dimulainya program “From Local Go Global”, Minggu (6/10).

Selain itu, lanjut Mendag, seiring perkembangan digital, Pemerintah juga terus mendorong para pelaku usaha memperkuat komitmen untuk menyeimbangkan komposisi jumlah produk lokal di pasar daring. 

“Hal ini penting dilakkukan karena masih banyak produkproduk dari luar negeri yang diperdagangkan secara daring. Untuk itu, dibutuhkan komitmen kuat para pelaku usaha agar produk-produk dalam negeri juga dapat merajai pasar daring,” tegas Mendag.

Peningkatan komposisi produk lokal dalam perdagangan daring, lanjut Mendag, juga diperlukan untuk menjaga keseimbangan perekonomian nasional. Salah satu cara untuk mencapai keseimbangan ini, yaitu dengan mendorong pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memanfaatkan platform daring untuk menemukan pembeli dari mancanegara.

“Sebenarnya produk-produk Indonesia banyak diminati pembeli mancanegara. Peluang inilah yang harus dimanfaatkan semaksimal mungkin. Dengan strategi pemasaran yang tepat melalui platform daring, para pelaku UMKM dapat meraih peluang pemasaran yang lebih besar,” imbuh Mendag.

Pada pembukaan acara tersebut, hadir Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Perdagangan Benny Soetrisno, Ketua Panitia Program Terpadu Peningkatan Penggunaan Produk Indonesia "From Local Go Global" Handito Joewono, Direktur Perdagangan dan Properti mewakili Direktur Utama Sarinah Indyruwani Asikin Natanegara, serta para pejabat Eselon I dan II Kemendag.

“Peningkatan perdagangan barang produksi dalam negeri oleh platform daring harus tumbuh bersama atas inisiasi pelaku usaha sendiri. Kemendag siap mendukung komitmen para pelaku usaha dalam hal tersebut,” pungkas Mendag. (rel/03)
Editor: Mardan H Siregar




Komentar Anda

Berita Terkini