MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT* SELURUH JAJARAN PEMIMPIN UMUM, PEMIMPIN REDAKSI, WARTAWAN DAN KARYAWAN HARIAN9 Mengucapkan Selamat Berbahagia atas Resepsi Pernikahan WIWID WIDODO dan NANI AFRIDA br GINTING, SH. Semoga menjadi keluarga yang sakinah mawaddah wa rahmah"

Festival Literasi Kemenkeu Diharapkan Dapat Meningkatkan Minat Baca

harian9 author photo

JAKARTA| H9
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati berharap kebiasaan membaca dari Festival Literasi Perpustakaan Kementerian Keuangan 2019 dapat dibangun meski medianya sekarang lebih banyak dari gadget untuk mengenalkan. 

Hal ini disampaikannya dalam Kemenkeu Colouring Your Day, salah satu rangkaian acara Festival Literasi Perpustakaan Kementerian Keuangan yang sudah menginjak tahun kelima di Aula Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta pada Senin (30/09). 

“Ini (meningkatkan budaya baca bagi anak-anak) merupakan suatu tantangan besar bagi kita semuanya. Kita berharap bahwa teknologi itu bisa dijadikan jendela atau alat untuk mengenalkan mereka. Mungkin memang eranya berbeda tapi tidak berarti substansinya berubah,” jelasnya, yang ikut bercerita (story telling) kepada anak-anak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-kanak (TK).

Ia menyampaikan bahwa penggunaan gadget bagi anak usia dini perlu dibatasi agar mereka tidak kehilangan kemampuan bermain, berinteraksi untuk saling membentuk karakter.

“Gadget membuat mereka (anak PAUD dan TK) ter-absorb (menyerap pikiran dan waktu) terlalu besar. Jadi, memang harusnya setiap orang tua juga memberikan semacam policy batasan penggunaan itu (gadget) sehingga anak-anak tidak kehilangan skill atau kemampuan untuk bermain, berinteraksi, saling membentuk karakter. Misalnya saling berbagi, berkompetisi, mengalah, mengantri, bagaimana mereka meminta, berterima kasih. Karakter itu tidak akan muncul jika mereka hanya sibuk dengan gadget-nya masing-masing. Mereka tidak akan punya senses (rasa) untuk itu,” tambahnya.

Sebagai informasi, festival literasi ini dimeriahkan oleh PAUD dan TK di sekitar lingkungan Kementerian Keuangan yang diselenggarakan mulai 30 September sampai 4 Oktober 2019. Ada 10 sekolah yang turut berpartisipasi dengan jumlah peserta sebanyak 200 anak dari PAUD dan TK. 

Diharapkannya,  jumlah dan jenis buku yang tersedia makin diperkaya sehingga masing-masing anak punya pilihan-pilihan serta konten aplikasi tentang pengenalan Indonesia. (kemenkeu/03)
Editor: Mardan H Siregar

 (Foto: kemenkeu)



Komentar Anda

Berita Terkini