MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT# Walikota Medan Kena OTT, Ini Kata KPK # Selain Eldin, Kadis PU, Protokoler dan Ajudan Kena OTT # Gubsu Edy Tanggapi Soal Walikota Medan Kena OTT # KPK Minta "And" Asal Medan Segera Serahkan Diri # Walikota Medan Kena OTT, Dengan Linangan Airmata Akhyar Menanggapinya#

Indonesia Sedang Merevitalisasi Industri Manufaktur Melalui Implementasi Peta Jalan Making Indonesia 4.0.

harian9 author photo

JAKARTA| H9
Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto mengemukakan, Indonesia sedang merevitalisasi industri manufaktur melalui implementasi peta jalan Making Indonesia 4.0. Upaya ini merupakan sebuah strategi kesiapaan dalam memasuki era industri 4.0 serta mengejar target menjadi bagian dari 10 negara dengan perekonomian terbesar di dunia pada tahun 2030.

“Salah satu upaya yang kami lakukan adalah mengakselerasi industri manufaktur nasional agar terus melakukan inovasi melalui pemanfaatan teknologi modern dan kegiatan litbang. Hal ini diyakini juga dapat memacu produktivitas lebih efisien sehingga mendongkrak daya saing industri kita,” paparnya  di Jakarta, Jum'at (11/10).

Ditambahkannya, guna mewujudkan sasaran tersebut, pemerintah saat ini telah bertekad untuk semakin menciptakan iklim investasi yang kondusif. Kebijakan strategis yang sudah dijalankan, antara lain memberikan kemudahan izin usaha serta memfasilitasi insentif fiskal dan nonfiskal.

“Salah satu kunci sukses dari penerapan industri 4.0 adalah peningkatan investasi, terutama berkaitan dengan pengembangan industri baru. Sebab, upaya tersebut akan memperkuat dan memperdalam struktur manufaktur nasional. Selain itu juga akan terjadi transfer teknologi dari investor,” imbuhnya.

PDB dari sektor manufaktur di Indonesia mencapai Rp.565 triliun pada kuartal II tahun 2019, meningkat dibanding perolehan di kuartal I-2019 sebesar Rp.555 triliun. Capaian kuartal kedua tersebut tertinggi, karena rata-rata PDB manufaktur Indonesia per kuartal sekitar Rp.468 triliun dari periode 2010-2019. (kemenperin/03)
Editor: Mardan H Siregar

(Foto: kemenperin)


Komentar Anda

Berita Terkini