MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT* SELURUH JAJARAN PEMIMPIN UMUM, PEMIMPIN REDAKSI, WARTAWAN DAN KARYAWAN HARIAN9 Mengucapkan Selamat Berbahagia atas Resepsi Pernikahan WIWID WIDODO dan NANI AFRIDA br GINTING, SH. Semoga menjadi keluarga yang sakinah mawaddah wa rahmah"

Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik Untuk Padangsidimpuan ‘Bersinar‘

harian9 author photo

PADANGSIDIMPUAN|H9
Wakil Walikota Padangsidimpuan, Ir. H. Arwin Siregar, MM mengatakan berdasarkan hasil penilaian maturitas Sistim Pengendalian Intern Pemerintahan (SPIP) saat ini,  Pemerintah Kota (Pemko) Padangsidimpuan pada tahun lalu telah terdefenisikan pada level 2, dengan nilai maturitas 2,83.

Untuk itu, diharapkan kepada 13 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemko padangsidimpuan yang dijadikan sample, dapat memberikan data pendukung penjaminan atas penilaian mandiri tingkat penyelenggaraan maturitas SPIP tahun 2019 agar nantinya dapat menuju level 3 dan memberikan hasil yang lebih baik untuk Padangsidimpuan yang Berkarakter, Bersih Aman dan Sejahtera (Bersinar).

Hal itu disampaikan Wakil Walikota Padangsidimpuan Ir. H Arwin Siregar, MM saat membuka kegiatan Entry Meeting Rencana Penilaian Mandiri Maturitas SPIP tingkat Pemko Padangsidimpuan tahun 2019, yang dilaksanakan di aula Inspektorat Daerah Kota Padangsidimpuan, Jumat (11/10).

Lebih lanjut Arwin menjelaskan, untuk terciptanya tata kelola pemerintah yang baik dan keberhasilan reformasi birokrasi di Pemko Padangsidimpuan harus memperhatikan beberapa poin seperti, pelaporan keuangan, pemerintahan yang handal, kegiatan yang efektif dan efisien taat pada peraturan dan perundangan-undangan serta iklim yang kondusif untuk mencegah korupsi (clean goverment).

“ Tujuan penilaian mandiri SPIP adalah untuk menciptakan tata kelola pemerintah yang baik serta menunjang keberhasilan reformasi birokrasi dipemerintah Kota Padangsidimpuan, dengan memenuhi 5 unsur SPIP yakni, lingkungan pengendalian, penilaian resiko, kegiatan pengendalian, informasi dan komunikasi serta pematauan harus diterapkan secara integritasi, “ katanya.

Sementara Inspektur Daerah Kota Padangsidimpuan Rahmat Marzuki, SH. MH melaporkan, bahwa dalam rangka penilaian mutu mandiri maturitas SPIP dilingkungan Pemko Padangsidimpuan sesuai dengan surat Kepala BPKP Perwakilan Provinsi Sumatera Utara Nomor: S-1184/PW02.3.1/2019 tanggal 18 September 2019 tentang Bimbingan Teknis (Bimtek) peningkatan level maturitas SPIP Pemko Padangsidimpuan tahun 2019.

Dikatakannya, kegiatan diikuti 13 OPD sampel dan tim Assesor Kota Padangsidimpuan dan berlangsung selama 16 hari kerja (30 September sampai 21 Oktober 2019) dan menghadirkan tim Assesor dari Inspektorat Daerah Kota Padangsidimpuan.

Rahmat menambahkan, SPIP merupakan proses integral pada kegiatan dan tindakan yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai, untuk memberikan keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi.

“ Sesuai PP No. 60 tahun 2018 tentang SPIP telah memberikan amanat kepada setiap instansi pemerintah untuk menyelenggarakan SPIP dilingkungan Organisasi yang penerapannya terdiri 5 unsur dan diharapkan dapat berjalan secara integral dalam setiap kegiatan instansi pemerintah, “ ujar Rahmat.

Pada kesempatan itu, dilakukan penandatangan berita acara persetujuan rencana penilaian mandiri maturitas SPIP oleh 13 OPD sampel dengan Inspektorat Daerah Kota Padangsidimpuan, disaksikan Wakil Walikota Padangsidimpuan, Ir. H. Arwin Siregar, MM. (Wan9)


Komentar Anda

Berita Terkini