MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT# Walikota Medan Kena OTT, Ini Kata KPK # Selain Eldin, Kadis PU, Protokoler dan Ajudan Kena OTT # Gubsu Edy Tanggapi Soal Walikota Medan Kena OTT # KPK Minta "And" Asal Medan Segera Serahkan Diri # Walikota Medan Kena OTT, Dengan Linangan Airmata Akhyar Menanggapinya#

Peduli Kesehatan Masyarakat, Satgas TMMD 106 Kodim 0204/DS Sosialisasi Bahaya Rokok dan KB

harian9 author photo
SERDANG BEDAGAI| H9
Bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Satgas TMMD ke-106 Kodim 0204/DS melaksanakan sosialisasi tentang bahaya rokok dan KB. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Kantor Desa Marjanji Kecamatan Sipispis Kabupaten Sergai, Senin (7/10/2019). 

Sosialisasi yang dilakukan Satgas TMMD ini adalah merupakan salah satu bentuk perhatian TNI kepada warga Desa Marjanji. Kegiatan sosialisasi itu dipimpin langsung Bati Komsos Kodim 0204/DS Serma Riswandi.

"Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian TNI melalui Satgas TMMD ke-106 Kodim 0204/DS terhadap kesehatan warga Desa Manjanji khususnya dan Sergai umumnya, sehingga akan tercipta desa yang sehat dan sukses," ujarnya.

Dikesempatan itu, Serma Riswandi juga memaparkan beberapa program TMMD ke 106 di Kecamatan Sipispis, bahwa dalam program TMMD ke 106 ini, Satgas TMMD tidak hanya melaksanakan kegiatan fisik saja, namun kegiatan non fisik juga turut dilakukan.

Salah satu sasaran non fisik yakni melakukan komunikasi sosial berupa penyuluhan tentang wawasan kebangsaan, bela bangsa, narkoba, kesehatan, pertanian, perikanan dan lain-lain.

"Kami berharap dengan adanya penyuluhan tentang bahaya rokok dan KB ini, agar masyarakat bisa hidup sehat tanpa rokok dan sukses melalui program perencanaan keluarga yang terencana dan baik."ungkap Serma Riswandi.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Sergai yang diwakili petugas Puskesmas Sipispis dr Amri dalam paparannya mengatakan, rokok mengandung berbagai bahan berbahaya bagi kesehatan seperti aseton, amonia, karsinogen, asam asetat, arsenik, benzene, karbon monoksida dan lain-lain. 

"Bahan-bahan tersebut sangatlah berbahaya bagi kesehatan terutama karsinogen sebagai penyebab penyakit kanker dan karbon monoksida yang dapat merusak saluran pernafasan. Selain itu bahan-bahan itu juga dapat menyebabkan penyakit kanker, serangan jantung, radang paru-paru, impotensi dan penyakit berbahaya lainnya,"ujar dr Amir.

Menurutnya, kandungan bahan berbahaya itu juga menyebabkan penurunan fungsi daya tahan tubuh dalam melawan bibit penyakit sehingga gampang terserang infeksi."Jadi sebelum berbagai penyakit berbahaya itu menyerang, lebih baik kita menjauhi rokok,"jelasnya.

Pada kesempatan itu dr. Amir juga memaparkan pentingnya keluarga membuat perencanaan jumlah anak dengan program Keluarga Berencana (KB). Program KB, ujar dr Amir, tak hanya bermanfaat bagi kesejahteraan keluarga tapi juga kesehatan.

"Beberapa manfaat KB bagi kesehatan adalah menurunkan risiko terjangkit penyakit kanker rahim dan kanker servik, menurunkan angka kematian maternal, menghindari kehamilan yang tidak diinginkan serta dapat meningkatkan kesehatan ibu hamil dan anak," ungkap dr Amir.

Atas terselenggaranya sosialisasi ini, Kades Marjanji HM Rizal Pusirba yang diwakili Plh Kades Fajar Sidik mengucapkan terima kasih kepada Satgas TMMD ke-105 Kodim 0204/DS. "Sosialisasi ini sangat bermanfaat bagi kami untuk menciptakan desa yang sehat dan sejahtera,"ucapnya.

Hadir juga pada sosialisasi itu, dua pegawai Puskesmas Sipispis Sri Sundari dan Maipita, Kadus Herman Budi, tokoh masyarakat Lamsah, tokoh agama Napian Saragih dan diikuti sekitar 50 warga Desa Marjanji.(Budi9)
Komentar Anda

Berita Terkini