MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT# Walikota Medan Kena OTT, Ini Kata KPK # Selain Eldin, Kadis PU, Protokoler dan Ajudan Kena OTT # Gubsu Edy Tanggapi Soal Walikota Medan Kena OTT # KPK Minta "And" Asal Medan Segera Serahkan Diri # Walikota Medan Kena OTT, Dengan Linangan Airmata Akhyar Menanggapinya#

Pemprov Sumut Harapkan Pelaku Industri, Beri Manfaat Besar Bagi Masyarakat

harian9 author photo

MEDAN|H9
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) mengharapkan para pelaku industri kuliner dapat memberi manfaat bagi masyarakat Sumut. Antara lain berbagi dengan informasi dan pengetahuan tentang makanan sehat kepada masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut Ria Novida Telaumbanua yang mewakili Gubernur Sumut Edy Rahmayadi pada pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC)  Perkumpulan Penyelenggara Jasaboga Indonesia (PPJI) se-Sumatera Utara Periode 2019-2024, di Fave Hotel, Jalan S Parman, Medan, Kamis (10/10).

Apalagi, katanya, saat ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut sedang berupaya menanggulangi masalah  stunting di daerah ini. Karena itu, diperlukan dukungan seluruh lapisan masyarakat, agar upaya tersebut optimal dan menyeluruh. Pelaku industri bisa memberikan pengajaran kepada masyarakat bagaimana membuat makanan sehat.

“Sumut itu punya beberapa daerah stunting, daerah-daerah ini memerlukan bantuan kita, itu tugas kita semua terutama dari kuliner, pelaku industri bisa mengajarkan masyarakat membuat makanan sehat,” ujarnya.

Selain itu, para pelaku industri juga diminta terus mengembangkan inovasi, terutama dari tentang kuliner. Apalagi daya tarik kuliner Sumut sangat luar biasa. Saat ini, Sumut juga sedang berupaya meningkatkan wisatawan dalam negeri maupun mancanegara.

“Kuliner ini daya tariknya luar biasa, kemampuan masak-memasak itu tidak bisa disepelekan, apalagi Sumatera Utara punya 33 kabupaten/kota,” sebutnya.

Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Sumut Sri Ayu Mihari Musa Rajekshah juga menyebut, jasa boga adalah bagian penting dari pariwisata. Wisata kuliner adalah salah satu yang paling banyak diminati wisatawan.

Karena itu, para pelaku industri seperti PPJI memiliki peranan penting dalam hal tersebut. PPJI merupakan wadah bagi para pengusaha jasa boga yang dapat meningkatkan eksistensi dan kreativitas dalam pengelolaan kuliner otentik Sumut. “Sehingga nantinya akan berdampak signifikan dalam memajukan kepariwisataan yang ada di Sumut,” kata Sri Ayu Mihari.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Daerah PPJI Sumut Nuraini mengatakan pihaknya siap membantu Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut. Terutama dalam membangun perekonomian di Sumut. “Kami siap bersinergi dan bekerja sama untuk membangun daerah ini, khususnya dalam bidang ekonomi,” katanya.

Pada kesempatan itu Ketum DPD PPJI Sumut Nuraini melantik para pengurus DPC PPJI se-Sumut. Para pengurus yang dilantik di antaranya Ketua DPC Padang Lawas Utara Sri Hastuti Dalimunte, Ketua DPC Labuhan Batu Selatan Eni Rizni Tanjung, Ketua DPC Batubara Aswandi Lubis, Ketua DPC Labuhan Batu Hasnah Putri Jaya Siregar, Ketua DPC Medan Fachrur Razi, Ketua DPC Deli Serdang Harjito, Ketua DPC Langkat Doni Susanto.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Medan Emelia Lubis dan Sekretaris Umum DPD APJI Sumut Wan Moh, serta para pengurus dan anggota PPJI se-Sumut. (kl9)
Komentar Anda

Berita Terkini