LARISPA


MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT# DIJUAL SEBIDANG TANAH DI DISKI KECAMATANG SUNGGAL KABUPATEN DELISERDANG, UKURAN 12M x 18M, SK CAMAT HARGA Rp. 100JUTA, BERMINAT HUBUNGI 081370413190 (WAK SU)

Peringatan Sumpah Pemuda Ke 91 Kabupaten Paluta Berlangsung Khidmat

HARIAN9 author photo
PALUTA| H9
Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 91 tahun 2019 yang digelar Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) di lapangan Alun-alun kota Gunungtua, Senin (28/10) berlangsung khidmat.

Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda kali ini mengangkat tema ‘Bersatu Kita Maju’ dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Paluta H Burhan Harahap SH sebagai pembina upacara. Turut hadir Kajari Paluta Andri Kurniawan SH MH, Kodim 0212 TS yang diwakili Pabung Mayor Hasran Harahap, Dankipan C 123 Rajawali Gunungtua, Danramil 05 PB, Kapolsek Padang Bolak, Forkopimda, SKPD, PNS lingkup Paluta, camat, ormas, OKP, KNPI, mahasiswa, pelajar dan undangan lainnya.

Dalam sambutan Menpora RI Zainuddin Amali yang dibacakan oleh Sekdakab Paluta H Burhan Harahap SH menyampaikan bahwa bangsa Indonesia berhutang budi kepada para tokoh pemuda tahun 1928 yang telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda sehingga menjadi pelopor pemuda untuk membangun kesadaran kebangsaan Indonesia sekaligus komitmen menjaga persatuan dan kesatuan negeri ini.“Komitmen kebangsaan mereka harus kita teladani untuk membangun bangsa, satukan Indonesia,” tegasnya.

Kemudian, ia menekankan mengenai pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau dimana satu sisi bisa memberikan jaminan kecepatan informasi yang memungkin peningkatan kapasitas dan pengembangan sumber daya.

Namun, pada sisi yang lain perkembangan ini mempunyai dampak negatif, informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme juga masuk dengan mudahnya apabila pemuda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan dan karakter positif dalam berbangsa dan bernegara.

Kemudian, tema yang diusung yakni ‘Bersatu Kita Maju’ ini diambil atas dasar pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, bertanggung jawab, berdaya saing, serta bertakwa, memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan, dan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Selamat Hari Sumpah Pemuda ke 91, semoga melalui peringatan ini, Pemuda lebih maju, karena pemuda adalah pelopor bangsa dan pemuda adalah generasi bangsa,” ucapnya.

Terpisah, Kepala Dispora Paluta Bikrul M Harahap mengajak pemuda untuk membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik.

Ia juga mengajak pemuda-pemudi di kabupaten Paluta untuk berperan aktif dalam mendukung pembangunan sehingga visi misi Bupati Paluta dapat terwujud yakni menjadikan daerah Paluta yang beriman, cerdas, maju dan beradat.
Pantauan, upacara diisi dengan pembacaan naskah sumpah pemuda oleh sekumpulan pemuda-pemudi dari berbagai kalangan dengan memakai pakaian adat tradisional.(Akhir9))
Komentar Anda

Berita Terkini